Rabu 30 Mar 2022 05:32 WIB

Salah Gagal Penalti, Langkah Mesir ke Piala Dunia Dijegal Senegal

Senegal mengalahkan Mesir 3-1 untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Para pemain Senegal merayakan gol ke gawang Mesir pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.
Foto: AP Photo/Stefan Kleinowitz
Para pemain Senegal merayakan gol ke gawang Mesir pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senegal kembali menghadirkan kekecewaan bagi Mesir di pentas sepak bola internasional. Setelah bulan lalu mengalahkan Mesir pada final Piala Afrika, kini Senegal menyingkirkan Mesir dalam perebutan tiket Piala Dunia 2022 Zona Afrika.

Senegal memastikan tiket ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Mesir 3-1 lewat adu penalti di Stadion Me Abdloulaye Wade, Rabu (30/3) dini hari WIB. Pemenang laga ditentukan lewat adu penalti setelah agregat imbang 1-1 dalam dua leg.

Baca Juga

Senegal yang kalah 0-1 pada leg pertama di Mesir mencetak gol pada menit keempat melalui Boulaye Dia, yang menuntaskan skema tendangan bebas. Namun gol ini tercatat sebagai bunuh diri Hamdi Fathi. Pertandingan kemudian berjalan keras dan banyak terhenti oleh pelanggaran tak penting. Sadio Mane cs tidak bisa menambah gol, sementara Mesir tak mampu membalas sehingga babak pertama berakhir 1-0. 

Mesir kemudian memasukkan Zizo yang mendapatkan dua peluang emas untuk membuat timnya membalikkan keunggulan. Sayangnya, dua kesempatan ini tak bisa dikonversi menjadi gol.

Ismaila Sarr juga memiliki kesempatan untuk menggandakan keunggulan Senegal, setelah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Mohamed El-Shenawy. Namun tendangan melengkungnya masih melebar. Sarr juga mendapatkan peluang emas lagi pada babak perpanjangan waktu. Mendapatkan umpan dari Mane, Sarr melepaskan tendangan jarak dekat. Namun bola masih tepat mengarah ke El-Shenawy.

Pertandingan pun dilanjutkan ke adu penalti. Mohamed Salah gagal menyumbang gol karena tendangan kaki kirinya terlalu tinggi. Sementara Mane mampu melaksanakan tugas dengan baik sehingga Senegal menang 3-1. Senegal pun lolos ke Piala Dunia untuk ketiga kalinya dalam sejarah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement