Muslim di Toledo Rayakan Ramadhan dengan Makan Bersama dan Melihat Bulan Sabit

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 30 Mar 2022 15:47 WIB

Lampu-lampu hias bertema Ramadhan di Dearborn, Michigan, AS. Muslim di Toledo Rayakan Ramadhan dengan Makan Bersama dan Melihat Bulan Foto: AP/Carlos Osorio Lampu-lampu hias bertema Ramadhan di Dearborn, Michigan, AS. Muslim di Toledo Rayakan Ramadhan dengan Makan Bersama dan Melihat Bulan

REPUBLIKA.CO.ID, OHIO -- Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti dalam kalender Islam. Biasanya umat Islam di seluruh dunia berharap menerima berkahnya dengan melakukan lebih banyak ibadah untuk mendapatkan kesehatan spiritual yang lebih tinggi.

 

Baca Juga

Di Ohio, Amerika Serikat (AS), anggota Islamic Center of Greater Toledo akan mengadakan acara kumpul-kumpul pada malam khusus di hari Jumat untuk menghidupkan kembali tradisi melihat bulan sabit Ramadhan, dilaporkan WTOL.com.

 

“Jumat depan, 1 April pukul 18.30 di Islamic Center, Anda semua diundang untuk Makan Malam Potluck & Ramadhan Talk di dalam ruangan aula sosial, diikuti dengan menyaksikan bulan di luar di teras ICGT,” tulis di halaman akun Facebook masjid.

 

Selama berabad-abad, Ramadhan dimulai ketika bulan sabit muncul di langit. Umat Islam telah mengikuti tradisi melihat bulan pada hari terakhir Sya'ban.

 

Tahun ini, komunitas Muslim Toledo akan mengikuti tradisi yang dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad (SAW). “Ajak keluarga Anda dan nikmati malam Ramadhan ini dan mari berdoa untuk memperoleh keberkahan melihat bulan sabit seperti kebiasaan di zaman Nabi Muhammad (SAW),” tulis pemberitahuan masjid tersebut.

 

Islamic Center mengatakan mereka telah berkoordinasi dengan planetarium Universitas Lourdes untuk menentukan waktu yang tepat dari kemunculan bulan sabit antara pukul 20.20. dan 20.30.

 

Awal Ramadhan

 

Menurut perhitungan astronomi, Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan pada Sabtu, 2 April. Di Amerika Utara, sebuah pernyataan dari Fiqh Council of North America (FCNA) mengatakan “Hari pertama Ramadhan 1443 adalah pada Sabtu, 2 April 2022, insya Allah. Shalat tarawih akan dimulai pada Jumat malam, 1 April.”

 

Muslim dewasa, kecuali orang sakit dan mereka yang bepergian, tidak makan, minum, merokok, dan berhubungan seks antara matahari terbit dan terbenam selama bulan Ramadhan. Muslim mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci untuk lebih dekat dengan Allah melalui doa, menahan diri, dan melakukan perbuatan baik.

Sudah menjadi kebiasaan bagi umat Islam untuk menghabiskan sebagian hari selama Ramadhan untuk mempelajari Alquran yang Mulia. Banyak pria melakukan itikaf (berdiam diri di masjid) dengan menghabiskan 10 hari terakhir bulan secara khusus di masjid.

https://aboutislam.net/muslim-issues/n-america/toledo-muslims-welcome-ramadan-with-potluck-moonsighting/