Rabu 30 Mar 2022 23:44 WIB

Utusan AS Hadiri Pertemuan Bahas Afghanistan di China

Menlu RI Retno Marsudi juga mendapat kesempatan bicara tentang Afghanistan.

 Seorang pria Afghanistan membawa sekarung tepung selama kampanye bantuan kemanusiaan untuk keluarga miskin, di Kabul, Afghanistan, Rabu, 16 Februari 2022.
Foto: AP/Hussein Malla
Seorang pria Afghanistan membawa sekarung tepung selama kampanye bantuan kemanusiaan untuk keluarga miskin, di Kabul, Afghanistan, Rabu, 16 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Utusan dari Amerika Serikat turut menghadiri pertemuan yang membahas tentang situasi Afghanistan yang diselenggarakan oleh China di Tunxi, Provinsi Anhui, pada Rabu hingga Kamis (31/3). Utusan khusus China Yue Xiaoyong akan menggelar pertemuan Troika Plus yang dihadiri beberapa utusan dari AS, Rusia, dan Pakistan. Demikian informasi dari Kementerian Luar Negeri China (MFA).

Pertemuan tersebut digelar di sela-sela pertemuan ketiga para menlu dari negara-negara tetangga Afghanistan di tempat yang sama. Menlu Retno Marsudi juga menghadiri pertemuan tersebut. Menlu bahkan mendapatkan kesempatan berbicara selama lima menit untuk memberikan pandangan tentang Afghanistan.

Baca Juga

"China, AS, dan Rusia merupakan negara-negara yang memiliki pengaruh penting terkait isu Afghanistan," kata juru bicara MFA Wang Wenbin di Beijing, Rabu.

Ia berharap pertemuan tersebut dapat menghasilkan konsensus lebih lanjut dan mendorong negara-negara di kawasan membantu Afghanistan membangun kembali perdamaian dan stabilitas dalam negerinya.

Pertemuan yang melibatkan China, AS, dan Rusia tersebut justru digelar di tengah krisis Ukraina yang berujung pada memburuknya hubungan AS-Rusia dan AS-China.Menlu China Wang Yi terlebih dulu telah bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov pada Rabu.Wang juga melakukan pertemuan dengan para menlu dari Pakistan, Iran, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

sumber : Amtara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement