Remaja Islam Sunda Kelapa Ajak Pemuda Maksimalkan Ramadhan  

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Kamis 31 Mar 2022 17:30 WIB

Suasana sepi di Masjid Agung Sunda Kelapa (ilustrasi). Masjid Sunda Kelapa menggelar sejumlah program Ramadhan Foto: Republika/Thoudy Badai Suasana sepi di Masjid Agung Sunda Kelapa (ilustrasi). Masjid Sunda Kelapa menggelar sejumlah program Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Remaja Islam Sunda Kelapa (Riska) mengajak pemuda dan pemudi mengoptimalkan Ramadhan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.      

"Masjid Agung Sunda Kelapa menjadi wadah bagi para pemuda untuk dapat bisa beribadah secara maksimal, kita juga membuka peluang amal jariyah buat para pemuda lewat kegiatan sosial yang kita miliki," kata Ketua Umum Remaja Islam Sunda Kelapa (Riska), Muhammad Fadhil, kepada Republika.co.id, Kamis (31/3/2022). 

Baca Juga

Dia mengatakan Ramadhan tahun ini Masjid Sunda Kelapa akan mengadakan kegiatan peribadahan dan sosial. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Fadhil mengatakan, tahun ini akan ada kegiatan peribadahan seperti tarawih, itikaf, buka puasa, dan kajian setelah Zuhur di Masjid Sunda Kelapa. Kegiatan peribadahan tentunya tetap menerapkan prokes sesuai arahan pemerintah dan dewan pengurus masjid. 

"Jadi semuanya tetap harus dengan protokol kesehatan, protokol kesehatan tidak boleh ditinggalkan," kata Fadhil kepada Republika.co.id, Kamis (31/3/2022). 

Dia mengatakan, Riska juga akan mengadakan kegiatan sosial yang rencananya akan diselenggarakan pada 24 April 2022. Kegiatan sosial itu berupa pemberian 50 vacuum cleaner untuk 50 masjid yang ada di Jakarta. 

Menurutnya, sekarang banyak masjid yang sudah melaksanakan kegiatan secara luring (offline). Sehubungan dengan itu masjid-masjid ada yang membutuhkan alat kebersihan, salah satunya vacuum cleaner. 

"Vacuum cleaner bisa digunakan nantinya oleh masjid-masjid ketika mereka mengadakan itikaf untuk membersihkan," ujarnya. 

Fadhil menambahkan, selain itu ada kegiatan pembagian sepatu kepada anak-anak yatim dan dhuafa binaan Riska. Sekaligus buka puasa bersama mereka. Jumlahnya adik-adik binaan Riska mencapai ratusan. 

Dia menjelaskan, adik-adik binaan sudah banyak yang masuk sekolah. Akibat pandemi Covid-19 banyak anak-anak yang terdampak dan tidak memiliki sepatu yang layak. Maka Riska mencoba untuk memberikan sepatu di Ramadhan tahun ini.