Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Agung Han

Inovasi Layanan BPJS Kesehatan Melalui Chika dan Pandawa

Info Terkini | Thursday, 31 Mar 2022, 07:54 WIB
olah tangkapan layar- dokpri

Chika dan Pandawa, bukan nama orang atau wayang ya gaes—hehehe. Tetapi inovasi layanan BPJS, yang memudahkan dan melancarkan urusan penggunanya. Yang jelas menjadi serba online, sehingga lebih praktis dan hemat waktu.

Saya terkesan, menyimak penjelasan Bapak Irfan Humaidi, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta, di acara “Ngopi Bareng Blogger 2022”. Kegiatan offline Blogger bareng BPJS, setelah dua tahun lebih absen akibat pandemi.

Bahwa perubahan adalah sebuah keniscayaan, sehingga kita dituntut terus update dengan perkembangan jaman. Pun di era digital teknologi saat ini, segala urusan manusia semakin dimudahkan.

---

Pandemi mengantarkan banyak hikmah, bahwa kita semua lebih aware menjaga kesehatan. Bahwa mengurusi orang sedang sakit, musti didukung oleh layanan yang memudahkan, nyaman dan praktis. Sehingga bisa segera diatasi masalah si sakit, agar bisa segera sehat.

Dan BPJS memberi jawaban, dengan menghadirkan aneka layanan inovatif dan kekininan. Memungkinkan diakses melalui berbagai kanal, selain banyak pilihan juga responsif.

Bahwa inovasi layanan BPJS, berorientasi meminimalisir layanan tatap muka menjadi layanan non tatap muka. Masyarakat tak lagi datang dan atau antri, yang merepotkan dan membutuhkan energi lebih. Tetapi cukup mengakses melalui layar gawai, via aplikasi Mobile JKN, aplikasi Lapor, Chatbot Interaktif (CHIKA) 08118750400, Pelayanan Administrasi Menggunakan WhatsApp (PANDAWA) 08118165165, Website, Call Center 165, dan medsos (FB, Instagram, Twitter).

So, kita tidak harus mengunjungi kantor cabang kabupaten/ kota, atau mal pelayanan publik, sekiranya bisa dialihkan secara online. Selain lebih hemat waktu, biaya, dan tenaga, kita bisa melakukan banyak hal yang produktif.

Melansir data BI di rentang bulan Januari 2020 s/d Februari 2022, shifting layanan (shifiting administrasi) melalui Pandawa mengalami peningkatan signifikan. Kalau pada Agustus 2020 Pandawa diakses 110.248, maka pada februari 2022 berada di angka 317.432.

Sementara untuk layanan shifting informasi melalui CHIKA, pada bulan januari 2020 dibawah 100.00, maka pada februari 2022 berada di angka 800.630.

Kenaikan angka yang sedemikian besar, hal ini mengindiasikan satu hal. Bahwa tren yang berlangsung, menunjukan masyarakat semakin melek digital. Bahwa layanan yang serba online, semakin diminati dan sangat membantu masyarakat. Segala inovasi digital yang memudahkan, disambut dengan baik oleh masyarakat.

Selain layanan Chika dan Pandawa, Aplikasi Mobile JKN juga mengalami peningkatan pengguna. Apalagi bisa didownload melalui android, jenis Hp yang dimiliki sebagian besar kita. Kemudian fitur di mobile JKN, memenuhi kebutuhan penggunanya.

dok- admin Bpjs Kes

Dan lagi-lagi inovasi ada di aplikasi keren ini hadir, yaitu melalui fitur “Ketersediaan Tempat Tidur”, “Jadwal tindakan operasi”, “skining mandiri covid-19”, “Konsultasi dokter”, “program relaksasi tindakan”, “Obat ditanggung”, “rencana pembayaran bertahap”. Sangat mungkin, inovasi fitur akan ditambah sesuai perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Inovasi Layanan BPJS Kesehatan Melalui Chika dan Pandawa

Mengingat Pandawa dan Chika cukup ngetren, saya ingin focus di dua layanan tersebut.

Apa saja sih fitur di layanan Pandawa ?

Yaitu ; Pendaftaran Baru, Penambahan Anggota Keluarga , Pemindahan Jenis Kepesertaan Pekerja Penerima Upah Non Aktif menjadi PBPU, Pengaktifan Kembali Kartu, Perubahan/ Perbaikan Data, Perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Pengurangan Anggota Keluarga, Perubahan Kelas Rawat Bagi Peserta yang Belum Membayar Iuran.

olah tangkapan layar- dokpri

Sementara Chika adalah turunan dari Call Center. Chika adalah Chat Asistan JKN, adalah pelayanan informasi melalui chating yang direspon oleh robot atau tokoh virtual. Layanan Chika mencakup ; Cek Status Kepesertaan, Cek Status Tagihan Iuran, Skrining Kesehatan, Tutorial Aplikasi Mobile JKN, Layanan Pandawa , dan Cari Lokasi Faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dengan aneka layanan yang memudahkan tersebut, masyarakat musti membersamai dengan taat membayar iurannya. Maka BPJS membuka banyak kanal pembayaran, total ada 700 kanal yang paling favorit adalah pembayaran melalui mini market.

Saya yakin, bahwa inovasi tidak berhenti sampai di sini. Karena perubahan jaman sedemikian lajunya, maka pelayanan BPJS juga terus berinovasi.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image