Ahad 03 Apr 2022 23:11 WIB

4 Manfaat Kopi Hitam Bagi Liver

Efek positif kopi bagi organ liver memang tidak familiar.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Efek positif kopi bagi organ liver memang tidak familiar.
Foto: PixaHive
Efek positif kopi bagi organ liver memang tidak familiar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi dikenal luas sebagai minuman yang dapat menambah energi serta memiliki manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit dan jantung diabetes. Meski begitu, banyak orang mungkin belum familiar mengenai manfaat kopi bagi kesehatan organ hati.

Berdasarkan studi, kopi diketahui memiliki efek hepatoprotektif. Hal ini menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi hati dari kerusakan.

Baca Juga

Perlu diketahui bahwa berbagai studi mengenai manfaat kopi bagi kesehatan hati hanya menyoroti kebiasaan minum kopi hitam. Penambahan bahan-bahan lain, seperti krim atau gula, bisa mempengaruhi manfaat kesehatan dari minuman kopi.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa ada setidaknya empat manfaat minum kopi hitam bagi kesehatan hati. Berikut ini adalah keempat manfaat tersebut, seperti dilansir EatThis, Ahad (3/4/2022).

 

Melindungi Hati dari Fibrosis

Fibrosis hati merupakan kondisi serius yang disebabkan oleh terlalu banyaknya jaringan parut di hati. Seiring waktu, hal kondisi tersebut bisa mempengaruhi fungsi hati. Akan tetapi, fibrosis pada stadium yang ringan sering kali bisa diperbaiki melalui perubahan pola hidup dan obat-obatan.

Menurut studi dalam The Journal of Hepatology, minum kopi dan teh secara teratur bisa membantu menurunkan risiko fibrosis hati. Seperti diketahui, salah satu cara untuk mengetes fibrosis adalah dengan mengukur kekakuan hati. Berdasarkan studi ini, konsumsi kopi berkaitan dengan kekakuan hati yang lebih rendah.

 

Menjaga Kadar Enzim Hati

Hati memiliki enzim-enzim yang dapat mempercepat beberapa proses di dalam tubuh, seperti memecah toksin, memproduksi empedu, dan membantu melawan infeksi. Namun bila terlalu banyak diproduksi, enzim-enzim tersebut bisa "bocor" dan masuk ke dalam aliran darah. Kondisi ini dapat menjadi tanda dari kerusakan atau penyakit hati.

Menurut sebuah studi, minum kopi dapat menurunkan konsentrasi enzim hati. Manfaat ini tampak lebih signifikan pada orang yang mengonsumsi banyak alkohol atau berisiko tinggi mengalami penyakit hati.

 

Menurunkan Risiko Sirosis

Sirosis merupakan stadium paling berat dari fibrosis. Tak seperti fibrosis, sirosis merupakan kondisi yang tidak bisa diperbaiki kembali seperti sedia kala. Sirosis juga dapat memicu komplikasi kesehatan yang serius.

Kabar baiknya, konsumsi kopi tampak berkaitan dengan penurunan risiko sirosis, khususnya sirosis yang berkaitan dengan konsumsi alkohol. Konsumsi kopi juga dapat menurunkan risiko kematian akibat sirosis alkoholik.

 

Menekan Risiko Kanker dan Penyakit Hati

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa kebiasaan minum kopi dapat membantu menurunkan risiko kanker hati. Beberapa studi lain juga mengerti bahwa minum kopi tak hanya berpotensi menurunkan risiko kanker hati, tetapi juga memperlambat laju perkembangan penyakit hati pada sebagian kelompok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement