Tradisi Ramadhan UEA: Meriam Buka Puasa di Dubai akan Berkeliling di 11 Lokasi

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Apr 2022 13:36 WIB

Meriam Dubai. Tradisi Ramadhan UEA: Meriam Buka Puasa di Dubai akan Berkeliling di 11 Lokasi Foto: Khaleejtimes Meriam Dubai. Tradisi Ramadhan UEA: Meriam Buka Puasa di Dubai akan Berkeliling di 11 Lokasi

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Meriam buka puasa Polisi Dubai beroperasi kembali. Meriam itu akan ditembakkan oleh Polisi Dubai saat matahari terbenam setiap hari selama bulan Ramadhan di 11 lokasi di Dubai.

Dilansir dari The National News, Senin (4/4/2022), ada lima posisi tetap tahun ini, yakni di Atlantis the Palm, Burj Khalifa, Al Seef, Al Waheda di Century Mall Dubai, dan Hatta di depan Emirates Co-operative Society dan Hatta Hill Park. Selain itu, Polisi Dubai akan memiliki meriam bergerak yang ditempatkan di 11 lokasi area di emirat, bergantian antarlokasi.

Baca Juga

Suara meriam yang dapat didengar sejauh 10 kilometer ini telah menjadi tradisi di Uni Emirat Arab (UEA) sejak tahun 1960-an. Polisi Dubai juga menembakkan dua kali meriam untuk mengumumkan awal dan akhir Ramadhan.

"Polisi Dubai berusaha menjaga tradisi itu tetap hidup karena penembakan meriam mengingatkan orang-orang tentang waktu mereka bisa mengakhiri puasa mereka,” kata Komandan Unit Artileri di Departemen Umum Keamanan dan Darurat Perlindungan Mayor Abdullah Al Amimi.

Menurut protokol, empat petugas hadir di setiap penembakan. Dua orang menjaga meriam. Satu petugas memberikan kartrid kosong dan yang lain memuatnya. Dua petugas tetap di belakang sebagai penjaga meriam dan memberi perintah. Saat waktu buka puasa, petugas memberi perintah dan meriam ditembakkan.

Selama tiga hari, meriam buka puasa akan ditempatkan di Al Satwa, dekat Masjid Agung, Al Quoz, dekat dengan Masjid Al Anbiya'a, Al Lisaili dekat Sekolah Nasional Al Nahda, Lahbab, dekat Lahbab Community Park 1, Al Aweer, dekat Masjid Sheikh Hamdan, Al Khawaneej, dekat Masjid Ahmed Al Habbai dan Muhaisnah dekat Masjid Abdul Rahim Mohammed Kti.

Dua hari berikutnya, meriam akan ditempatkan di Al Warqa, dekat Masjid Besar, Jebel Ali, dekat Ibn Battuta Mall dan Ain Dubai, Nad Al Sheba, dekat Taman Nad Al Sheba dan Al Barsha dekat Taman Al Buhaira.

Unit Pendukung Komando Angkatan Bersenjata UEA mengumumkan sejumlah meriam seremonial yang mulai beroperasi dengan Angkatan Pertahanan Abu Dhabi pada 1970 akan hadir di Abu Dhabi, Al Ain, Al Dhafra, dan juga di emirat Ras Al Khaimah dan Umm Al Quwain.

 

https://www.thenationalnews.com/uae/2022/04/02/ramadan-2022-dubais-iftar-cannons-will-be-on-the-move/