Selasa 05 Apr 2022 10:04 WIB

Surabaya Gelar Pasar Gotong Royong Ramadhan, Jual Sembako Murah

Adanya pasar ini diharapkan harga bahan pokok bisa menurun dan stabil.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Warga membeli bahan pokok saat digelarnya pasar murah di Surabaya, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Warga membeli bahan pokok saat digelarnya pasar murah di Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal menggelar Pasar Gotong Royong Ramadhan dalam upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok. Pasar Gotong Royong Ramadhan ini rencananya bakal terus digelar setiap akhir pekan selama Ramadhan.

“Jadi, sekitar pukul 15.00 WIB atau habis Ashar kita akan mulai sampai selesai sekitar Isya,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos, Selasa (5/4/2022).

Khusus pekan ini, kata Yod, Pasar Gotong Royong Ramadhan bakal digelar di lima lokasi. Yaitu di Kecamatan Rungkut tepatnya di halaman parkir Gedung YKP Penjaringansari, di Kecamatan Karangpilang digelar di Balai RW 2 Kelurahan Karangpilang.

Selanjutnya, di Kecamatan Benowo di halaman Gedung Pandansari, di Kecamatan Kenjeran di SWK Tanahmerah, dan di Kecamatan Tambaksari di halaman Gelanggang Remaja. “Lokasi pasar ini memang bermacam-macam, ada yang di SWK, kantor kecamatan, Balai RW, dan tempat lainnya, tergantung kesiapan dari pihak kecamatan setempat,” ujarnya.

Yos menjelaskan, Pasar Gotong Royong Ramadhan ini digelar khusus untuk membantu warga Kota Surabaya yang terus berjibaku keluar dari dampak pandemi Covid-19. Di samping itu, harga bahan pokok di pasaran sudah mulai naik, sehingga Pemkot Surabaya berinisiatif menggandeng distributor untuk menggelar pasar ini.

“Tentunya, kami berharap dengan adanya pasar ini harga bahan pokok di pasaran mulai menurun dan stabil. Makanya kami melakukan ini tidak di pasar, tapi lebih didekatkan dengan warga, dan inilah filosofi dari pasar gotong royong itu,” kata dia.

Nantinya, lanjut Yos, para distributor seperti Bulog, Rajawali, dan Bimoli akan membawa produknya masing-masing dan akan diatur untuk menjual produk yang berbeda-beda. Namun begitu, barang-barang yang akan dijual nantinya berfokus pada Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting).

Insya Allah nanti akan ada sembako lengkap dan yang pasti akan murah, berbeda dari pasaran,” ujarnya.

Ia pun mengajak warga Kota Surabaya untuk memanfaatkan Pasar Gotong Royong Ramadhan ini dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. “Monggo datang dan manfaatkan pasar ini sebaik-baiknya,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement