Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vicky Maulana

Pengertian Ibadah, Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Agama | Tuesday, 05 Apr 2022, 04:21 WIB

Pengertian ibadah menurut istilah adalah bahwa manusia diciptakan tidak hanya didunia tanpa akhir setelah penciptaannya. Manusia dikenal sebagai ciptaan Tuhan, Inilah fungsi ibadah dan hakikatnya.

Baca Juga : Perbedaan Sistem Pendidikan di Indonesia dengan Luar Negeri

Definisi dari Ibadah

Ibadah secara umum yaitu segala sesuatu yang dilakukan manusia atas dasar patuh kepada penciptanya dan mendekatkan diri kepadanya. Ibadah menurut bahasa yang diambil dari kata ta’abbud yang artinya menundukkan dan mematuhi dan dikatakan thariqun mu’abbad yang artinya jalan yang ditundukkan yang sering dilewati orang.

Ibadah di dalam bahasa arab yaitu berasal dari kata Abda yang berarti menghamba, jadi meyakini kalau dirinya hanya seorang hamba tuhan yang tidak mempunyai keberdayaan sehingga ibadah adalah bentuk taat kepada Tuhan.

Sementara itu secara terminologis, Hasbi-Al Shiddieqy dalam kuliah ibadahnya memaparkan:

1. Menurut Ulama Akhlak, Ibadah yaitu “pengamalan segala kepatuhan kepada Allah secara badaniah, dengan mengegakkan syariah-nya.”

2. Menurut Ulama Tauhid ibadah adalah “pengesaan Allah dan pengagungan-Nya dengan segala kepatuhan dan kerendahan diri kepada-Nya.”

3. Menurut ulama Fikih ibadah adalah “Segala kepatuhan yang dilakukan untuk mencapai rida Allah, dengan mengharapkan pahala-Nya di akhirat.”

4. Menurut ulama Tasawuf ibadah adalah “Perbuatan mukalaf yang berlawanan dengan hawa nafsunya untuk mengagungkan Tuhan-Nya.”

5. Menurut Jumhur ulama ibadah adalah “nama yang mencakup segala sesuatu yang disukai Allah dan yang diridlai-Nya, baik berupa perkataan maupun perbuatan, baik terang-terangan maupun diam-diam.”

Fungsi dari Ibadah

Beberapa fungsi dari ibadah antara lain yaitu:

1. Sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas komunikasi kepada sang pencipta

2. Sebagai bentuk realisasi untuk manusia yang diberikan tanggung jawab oleh allah menjadi khalifah dan juga hamba Allah.

3. Meningkatkan derajat kita dimata Allah

Jenis-Jenis Ibadah

Menurut Siti Musdiah dan Ahmad Thib Raya didalam bukunya yang membahas selak beluk ibadah dalam islam, secara garis besar ibadah terbagi menadi dua macam yaitu:

1. Ibadah ammah (umum) yaitu semua perbuatan yang mendatangkan kebaikan dan positif yang dilaksanakan dengan niat ikhlas karena Allah SWT. Seperti makan, Minum dan mencari nafkah.

2. Ibadah Khassah (Khusus) yaitu ibadah yang ketentuannya sudah ditetapkan oleh Allah yaitu seperti shalat, puasa, zakat dan sebagainya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image