Tips Turunkan Berat Badan pada Bulan Ramadhan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 05 Apr 2022 19:01 WIB

Tips Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan. Foto: Resep Berbuka Puasa: Kuluyuk Kakap Nanas. Ilustrasi Foto: Wikipedia Tips Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan. Foto: Resep Berbuka Puasa: Kuluyuk Kakap Nanas. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ramadhan adalah bulan suci puasa di mana umat Islam menahan diri dari makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Ini juga merupakan bulan di mana orang paling sadar akan makanan yang mereka makan.  Namun, mereka cenderung makan lebih banyak antara buka puasa dan sahur untuk menebus defisit kalori.  

Dilansir dari propakistani pada Selasa (5/4), kombinasi konsumsi berat dan kurangnya aktivitas fisik menyebabkan penambahan berat badan. Dengan perencanaan makan yang cermat, kontrol porsi dan pelatihan cerdas, Anda dapat menurunkan berat badan atau menambah otot selama bulan Ramadhan.  

Baca Juga

Berikut cara menurunkan berat badan di bulan Ramadhan yaitu :

1. Batasi Lemak, Gula dan Garam

Alasan nomor satu untuk kenaikan berat badan adalah pilihan makanan yang tidak sehat karena sebagian besar makanan berbuka puasa kami terdiri dari makanan yang digoreng dan minuman manis.  Makanan ini tinggi garam, lemak trans, gula dan kalori yang semuanya dianggap tidak sehat dalam jumlah tinggi.

Saat merencanakan buka puasa atau sahur, ganti gorengan dengan ayam panggang dan sayuran panggang atau rebus dan minuman manis dengan jus segar atau air.  Membatasi makanan ini akan mencegah Anda menambah berat badan ekstra.

2. Tambahkan Protein ke Setiap Makanan

Makanan kaya protein seperti daging tanpa lemak, telur dan kacang-kacangan mengenyangkan dan rendah kalori.  Protein memiliki efek termal yang tinggi dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak dan telah dikaitkan dengan meningkatkan metabolisme secara signifikan dan meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Protein juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan mereka akan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama.  Selain itu, daging dan produk daging mengurangi hormon rasa lapar dan meningkatkan hormon kenyang.  Semua alasan ini menjadikan protein sebagai makanan yang ideal untuk berbuka puasa atau sahur.

3. Makan Lebih Banyak Sayuran

Salad sehat sangat lezat dan menyegarkan.  Pilih semangkuk salad daripada makanan yang digoreng.  Sayuran merupakan sumber serat, nutrisi, dan antioksidan yang baik.  Mereka rendah kalori dan dikemas dengan nutrisi yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol.

Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, memasukkan salad dalam buka puasa dan sahur adalah cara yang bagus untuk tetap sehat. Selain itu, memulai dengan hidangan yang sehat mendorong Anda untuk membuat pilihan yang lebih baik selama berbuka puasa.

 4. Tetap Terhidrasi

Kurangi asupan serbat manis, jus, dan minuman manis lainnya termasuk jus buah dan minuman berkarbonasi.  Pastikan untuk minum banyak air antara buka puasa dan sahur karena tetap terhidrasi sangat penting untuk menurunkan berat badan karena mencegah Anda makan berlebihan dan merasa lelah. Selain itu, ganti camilan manis dengan buah segar dan sayuran mentah.

 5. Olahraga

Mempertahankan rutinitas latihan normal dengan tingkat energi rendah selama Ramadhan bisa jadi sulit.  Namun, penting untuk memasukkan latihan ringan ke dalam rutinitas Anda karena ini membantu menjaga tingkat energi dan metabolisme stabil.  Solusi sederhananya adalah berolahraga dua hingga tiga jam setelah buka puasa atau satu jam sebelum sahur.

Sumber:

https://propakistani.pk/how-to/how-to-lose-weight-in-ramadan-with-simple-tips/