Selasa 05 Apr 2022 16:10 WIB

Laporan: Sekitar 50 Persen Rumah Tangga Muslim Hidup dalam Kemiskinan

Krisis biaya hidup berdampak terhadap komunitas Muslim di Inggris

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi bendera Inggris. Krisis biaya hidup berdampak terhadap komunitas Muslim di Inggris
Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Ilustrasi bendera Inggris. Krisis biaya hidup berdampak terhadap komunitas Muslim di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON — Penelitian Dewan Muslim Inggris, menyebutkan setengah dari rumah tangga Muslim Inggris hidup dalam kemiskinan. 

Badan amal Islamic Relief pun memperingatkan bahwa krisis biaya hidup di Inggris telah memukul keras komunitas Muslim jika dibandingkan dengan populasi non-Muslim. 

Baca Juga

“Keluarga di seluruh Inggris akan menderita sebagai akibat dari rekor tingkat inflasi serta meningkatnya harga energi akibat perang di Ukraina,” kata Direktur Islamic Relief UK, Tufail Hussain dilansir dari Local Gov, Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, pernyataan pemerintah Inggris pada musim semi pekan lalu adalah kesempatan untuk memperkuat sistem jaminan sosial dan meningkatkan pembayaran tunjangan, setidaknya, sejalan dengan inflasi.

”Sebaliknya, mereka telah diberikan potongan nyata dalam pembayaran mereka, dengan inflasi yang akan meningkat lebih lanjut tahun ini, krisis biaya hidup akan menjadi keadaan darurat bagi keluarga termiskin,” kata Hussain. 

Badan amal tersebut mendesak Pemerintah untuk meningkatkan pembayaran manfaat sedekat mungkin dengan tingkat inflasi dan untuk lebih memperkuat sistem jaminan sosial Inggris.

"Kami mendesak Pemerintah Inggris untuk meninjau keputusan ini dan mengambil tindakan berani yang diperlukan untuk menghindari mendorong keluarga ke dalam kemiskinan," lanjut Hussain.

“Ini sangat penting karena keluarga Muslim mulai menjalankan bulan suci Ramadhan. Banyak yang akan berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam dan ada risiko nyata bahwa keluarga tidak akan memiliki cukup makanan atau tidak memberi makan anak-anak mereka,” tambahnya.

Dikutip dari Sky News, terjadi peningkatan yang signifikan dalam penggunaan bank makanan dibandingkan dengan dua penguncian terakhir, dengan krisis yang diperburuk oleh meningkatnya biaya hidup dan pandemi.

Bushra Begum tinggal di sebuah kamar kecil di London timur bersama suaminya, dan tiga anak di bawah usia enam tahun. 

Dia mengatakan bahwa radiatornya rusak dan sebuah lubang di dinding di belakangnya memungkinkan tikus masuk. "Aku tidak punya pilihan selain tetap di sini. Sewa sangat tinggi. Bahkan di sini, kami memberikan seluruh gaji suami saya untuk menutupi sewa kamar single ini saja, dan sekarang mereka menaikkan tagihan listrik. Ini menjadi sangat sulit,” ujar Begum.

Kamarnya berada di gedung yang menampung banyak orang seperti dia. Mereka semua berbagi satu dapur dan satu kamar mandi. Ketika mereka ingin ke kamar mandi, mereka harus menunggu bergantian dengan yang lain.

“Kami tidak memiliki uang tersisa setelah membayar sewa, kami bergantung pada bank makanan lokal untuk memberi makan anak-anak,” ujar dia.

Baca juga: Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah, Arab dan Latinnya

Manajer Logistik di bank makanan Sufra NW10, Fahim Dahya, mengatakan bahwa pihaknya harus bersiap untuk ledakan besar.

“Setelah pandemi melanda, dalam beberapa bulan, kami mengalami peningkatan 400 persen. Ini telah mengubah cara bank makanan beroperasi,” terangnya.

"Dulu merupakan pengalaman yang menenangkan, orang-orang akan datang, membeli makanan, mengobrol. Kami akan berbicara dengan mereka dan mencari tahu tentang situasi mereka, mencoba menawarkan bantuan. Sekarang mereka hanya merasakan kecemasan dan ketidakpastian,” ujar Dahya.

Sumber: localgov,  newssky 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement