Rabu 06 Apr 2022 04:32 WIB

Lebih dari 500.000 Muslim Diizinkan Berdoa di Rawdah Sharif Selama Ramadhan

Masuk Rawdah masih tetap diatur

Raudah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Yogi Ardhi/ca
Raudah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Otoritas Kepresidenan Umum urusan Dua Masjid Suci mengerahkan segala upaya untuk memfasilitasi umat Muslim. Mereka memberlakukan sejumlah pengaturan untuk memfasilitasi masuknya jamaah ke Rawdah Syarif sesuai dengan waktu pemesanan.

Tak hanya itu, mereka juga berupaya memastikan fleksibilitas di pintu masuk bagi jamaah yang akan  mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW dan kedua sahabatnya, dalam suasana kerohanian dan ketenangan.

 

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (6/4), salah aatu pengaturan yang berlaku adalah mengeluarkan izin shalat di Rawdah, baik untuk pria dan wanita melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna.

 

Hingga hari ke 20 Ramadhan, izin harian rata-rata mencapai angka 16.980 jamaah. Di 10 hari terakhir Ramadhan, akan dikeluarkan izin kepada 11.095 jamaah setiap harinya.

 

Berdasarkan perhitungan otoritas terkait, total 517.702 izin akan dikeluarkan selama Ramadhan dan pada malam Idul Fitri.

 

Kepresidenan mengatur waktu dan gerbang untuk memilah dan mengizinkan akses jamaah ke Rawdah Syarif selama Ramadhan. Jamaah laki-laki dapat masuk pada pagi hari dari halaman Pintu 38, dan pada malam hari dari halaman Pintu 2.

 

Sementara, untuk jamaah perempuan bisa masuk dari Pintu 24 pada waktu pagi, serta Pintu 24 dan 37 di waktu malam hari.

 

Tak hanya untuk jamaah, Kepresidenan juga telah mengatur waktu kunjungan dan shalat di Rawdah selama Ramadhan bagi pengunjung dari Gerbang Al-Salam (No. 1).

 

Jalur khusus telah diatur disiapkan mengurangi kepadatan dan memfasilitasi pergerakan orang banyak. Pengunjung laki-laki dapat masuk dan mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW dan dua sahabat tanpa pemesanan sebelumnya.  //  Zahrotul Oktaviani

 

 

https://saudigazette.com.sa/article/619032/SAUDI-ARABIA/Over-500000-people-allowed-to-pray-in-Rawdah-Sharif-in-Ramadan

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement