Kamis 07 Apr 2022 11:37 WIB

Pejabat UNS Kunjungi LPPM IPB University,  Diskusikan Data Desa Presisi

Data desa yang presisi bisa memberikan manfaat untuk pembangunan desa.

LPPM IPB University Bogor menerima kunjungan Wakil Rektor 1 UNS dan tim, guna mendiskusikan Data Desa Presisi, Sabtu (2/4).
Foto: Dok IPB University
LPPM IPB University Bogor menerima kunjungan Wakil Rektor 1 UNS dan tim, guna mendiskusikan Data Desa Presisi, Sabtu (2/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Rombongan pejabat dari Universitas Sebelas Maret (UNS) mengunjungi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University, Sabtu (2/4). Rombongan disambut oleh Wakil Kepala LPPM bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Dr Sofyan Sjaf dan Tim Data Desa Presisi.

Dr Sofyan Sjaf menyambut baik kedatangan rombongan dari UNS ini. “Kami sangat senang dan bangga bahwa dari UNS dapat berkunjung ke LPPM IPB University. Selain tentunya bisa bersilaturahim, juga dapat berbagi pengalaman khususnya terkait bidang pengabdian kepada masyarakat,” ujar Dr Sofyan Sjaf dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dalam kesempatan ini, Dr Sofyan memaparkan tentang Data Desa Presisi, skema-skema kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kerja sama serta konektivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) seperti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) atau Mahasiswa Mengabdi non KKN-T.

“Data desa yang presisi atau tepat, bisa memberikan manfaat untuk pembangunan desa. Desa ini memiliki peran yang utama sebagai sistem administrasi pemerintahan terkecil di negara kita ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 UNS, Prof  Ahmad Yunus menyampaikan rasa senangnya karena telah diberikan kesempatan untuk berkunjung langsung ke LPPM IPB University.  Menurutnya, pihaknya ingin bisa berdiskusi khususnya terkait Data Desa Presisi. Harapannya nanti ada pilot project pada satu atau dua desa untuk dilakukan Data Desa Presisi yang berkolaborasi antara IPB University dengan UNS. Bisa melalui kegiatan KKN-T ataupun kegiatan non-KKN-T.

“Terima kasih kepada LPPM IPB University yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berkunjung. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi kami untuk mendampingi desa-desa mitra kami. Kami juga sekaligus ingin menjalin kerja sama antarinstitusi yang lebih intensif serta produktif,” ujarnya.

Prof Ahmad Yunus berkunjung ke IPB University didampingi Ketua MBKM Dr Sigit Prastowo, Sekretaris MBKM Dr Dwi Prasetyani dan MBKM PIC Proyek Kemanusiaan Dr Revi Gama Hatta Novika.

Sementara itu, Tim DDP IPB University yang hadir adalah Wakil Ketua Unit Desa Presisi, Rajib Gandi, Koordinator Data Sains, Unit Desa Presisi Ahmad Aulia Arsyad, Koordinator Komunikasi Unit Desa Presisi Badar Muhammad dan staf LPPM bidang Pengabdian kepada Masyarakat Danang Aria Nugroho. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement