Sabtu 09 Apr 2022 03:19 WIB

Karyawan Facebook Bongkar Mark Zuckerberg Makin 'Gila' Usai Metaverse di Depan Mata

Mark Zuckerberg dianggap beralih dari miliarder teknologi menjadi ilmuwan 'gila'

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Mark Zuckerberg, founder and CEO of Facebook, reacts during an address to a gathering at the Internet.org Summit in New Delhi October 9, 2014. (Reuters/Adnan Abidi)
Mark Zuckerberg, founder and CEO of Facebook, reacts during an address to a gathering at the Internet.org Summit in New Delhi October 9, 2014. (Reuters/Adnan Abidi)

CEO Meta Mark Zuckerberg dianggap karyawan telah beralih dari miliarder teknologi menjadi ilmuwan 'gila'. Menurut berbagai sumber dari Meta, fokus metaverse Zuckerberg telah menghasilkan lingkungan kerja yang sangat berbeda. Apa yang dulunya konglomerat teknologi biasa kini telah menjadi laboratorium yang menghebohkan untuk beragam eksperimen Zuckerberg.

Sejak pengumuman kepindahan Meta ke perusahaan Metaverse pada Oktober tahun lalu, eksperimen sains Zuckerberg telah menyiksa karyawan sehari-hari.

Seorang karyawan, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Stealth Optional yang dikutip Kamis (7/4/22) bahwa subjek tes dipilih tergantung pada prestasi kerja. Mereka yang kinerjanya buruk diambil pada jam 9 setiap hari Senin, dan beberapa tidak pernah terlihat lagi.

Baca Juga: Perkenalkan 'Zuck Buck', Token Digital Buatan Mark Zuckerberg sebelum Metaverse Diluncurkan

Sejak Oktober, total 100 karyawan dibawa ke lab Zuckerberg dan 69 dari karyawan tersebut belum muncul kembali.

“Sebagian besar, kami tidak tahu apa yang terjadi di lab,” kata seorang penjaga keamanan Meta HQ kepada kami. “Orang-orang masuk, tetapi sebagian besar mereka tidak keluar. Namun, saya dapat memastikan bahwa itu sangat aman di sana."

Sementara itu, sebagian besar eksperimen Zuckerberg masih berlangsung secara rahasia, salah satu tes paling awal telah terungkap. Pada bulan November, tujuh karyawan diambil dari berbagai departemen di Meta, termasuk petugas kebersihan dan tukang pos internal.

Sebagai salah satu eksperimen Zuckerberg terpendek, ketujuh karyawan itu diambil selama enam hari dan diminta menginap di laboratorium CEO Meta. Sumber yang menyaksikan tes mengklaim bahwa Mark Zuckerberg menjebak tujuh subjek tes di dalam Metaverse-nya

Ia menempelkan headset Oculus Quest 2 ke wajah subjek uji, ketujuh karyawan tersebut disimpan di dalam realitas virtual selama enam hari enam malam. Laporan tentang apa yang terjadi di dalam The Metaverse tidak jelas. Rumor berkisar dari kumpulan acara hiburan yang diselenggarakan Zuckerberg hingga cincin pertarungan Metaverse di mana Zuckerberg adalah juara bertahan.

Salah satu subjek tes yang sejak itu pindah ke Kairo memberi tahu bahwa dia menekan sebagian besar ingatan tentang apa yang terjadi di dalam The Metaverse.

“Yang bisa saya ingat hanyalah rasa, bau, dan suara,” katanya. “Ada bau yang luar biasa dari saus BBQ Sweet Baby Ray, begitu kuat sehingga kami bisa merasakannya. Dan ada dengungan dan bunyi bip yang terus-menerus ... itu akan menjadi sangat keras. Saya tidak tahu mengapa saya dilepaskan ... " ujarnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement