KH Syauqi Zainuddin MZ Ajak Masyarakat Hidupkan Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Jumat 08 Apr 2022 15:00 WIB

Sebuah kapal wisata melintas di Masjid Sultan Syarif Abdurrahman saat senja di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (29/4/2021). Wisata menikmati pemandangan senja hingga malam di Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia tersebut menjadi salah satu daya tarik wisata di Pontianak. KH Syauqi Zainuddin MZ Ajak Masyarakat Hidupkan Ramadhan Foto: ANTARA /Jessica Helena Wuysang Sebuah kapal wisata melintas di Masjid Sultan Syarif Abdurrahman saat senja di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (29/4/2021). Wisata menikmati pemandangan senja hingga malam di Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia tersebut menjadi salah satu daya tarik wisata di Pontianak. KH Syauqi Zainuddin MZ Ajak Masyarakat Hidupkan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Putra almarhum KH Zainuddin MZ KH Muhammad Syauqi Zainuddin MZ mengajak umat Muslim di Pontianak, Kalimantan Barat menghidupkan Ramadhan.

"Ayo, kita berlomba-lomba menghidupkan Ramadhan, dan Insya Allah kegembiraan Allah akan mengampuni dosa-dosa kita semua," kata KH Muhammad Syauqi Zainuddin MZ saat melakukan Safari Ramadhan di Masjid Jami'atus Syura, Komplek Pemda, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kamis malam (7/4/2022).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak umat Muslim di Kota Pontianak menghidupkan kembali Alquran di Kalbar. Indonesia saat ini mengalami krisis Alquran, padahal mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.

"Bahkan menurut penelitian, tidak lebih 50 persen umat Muslim di Indonesia bisa membaca Alquran sehingga menjadi tanggung jawab kita dalam memberantas buta huruf Alquran," ujarnya.

Dalam safari Ramadhan, KH Muhammad Syauqi MZ juga mengajak umat Muslim tidak serta merta dalam menafsirkan Alquran, melainkan harus didasari dengan ilmu tafsir. Disamping itu, dia juga mengajak seluruh umat Muslim yang hadir dalam kegiatan itu ikut dalam waqaf Alquran.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak umat Muslim memakmurkan masjid, apalagi di bulan Ramadhan ini ."Masyarakat Indonesia juga dibangun dari masyarakat masjid. Dan semua kita hakikatnya memimpin, dan nantinya akan diminta pertanggungjawabannya di hadapan Allah SWT," katanya.

Pengurus Masjid Jami'atus Syura Muhammad Ali menyambut baik kehadiran KH Muhammad Syauqi Zainuddin MZ dalam memberikan dakwah kepada warga Komplek Pemda dan sekitarnya. "Semoga dengan kedatangan KH Muhammad Syauqi Zainuddin MZ, maka banyak ilmu yang kita semua dapatkan sehingga akan lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT," ujarnya.