Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

Khutbah Jumat KH UBN: Budayakan Khatam Quran Selama Ramadhan

Info Terkini | Saturday, 09 Apr 2022, 06:22 WIB
Khatam Quran bersama KH. UBN

Khutbah Jumat KH UBN: *Budayakan Khatam Quran Selama Ramadhan*

Jakarta, INDONESIA – Rangkuman materi Khutbah Jumat KH. Ustadz Bachtiar Nasir, Lc, MM pada hari Jumat (8/4/2022) :

*Budaya Khatam Quran di Bulan Ramadhan*

Secara syar'i memang tak berdosa jika seorang muslim tidak memgkhatamkan Quran di bulan Ramadhan, makna lainnya bahwa memgkhatamkan Quran di bulan Ramadhan wajib, namun ia kehilangan kesempatan mendapatkan pahala yang telah Alloh berikan bagi yang bertilawah Alquran.

Dalam surat Albaqarah ayat 185, jelas sekali ditegaskan bahwa Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran.

Alloh swt sendiri yang memuji kemuliaan bulan Ramadhan dengan menurunkan Alquran di dalamnya.

Rasululloh shallallohu alaihi wa sallam bersabda: “Setiap kebaikan anak Adam dilihat gandakan pahalanya, dimana 1 pahala dibalas dengan 10 kali sampai 700 kali lipat pahalanya. Alloh berfirman: televisi televisi, sesungguhnya ia adalah milikku dan akunswndiri yang akan memberikan balasannya, (semua itu) karena mereka meninggalkan makan dan minumannya karena aku.” (HR Muslim)

Rasululloh shallallohu alaihi wassallam: mengkhatamkan Quran sekali selama Ramadhan bersama Jibril as, namun pada tahun wafatnya Beliau melihat mengkhatam 2 kali bersama Jibril as.

Qatadah, diluar Ramadhan mengkhatamkan Quran setiap 7 hari sekali, jika datang Ramadhan mengkhatamkan 3 hari sekali, dan di 10 Ramadhan terakhir mengkhatamkan setiap hari.

Ini terhitung hitungannya dalam kitab Siyar A'lam Nubala' (4/51)

Dalam Kitab At Tibyan karya Imam Nawawi Rahimahulloh TERCAAT bahwa Imam Mujahid Rahimahulloh mengkhatamkan Quran setiap malam di bulan Ramadhan.

Dalam Kitab Tahdzibul Kamaal, Mujahid meriwayatkan bahwa Aly Alazdy mengkhatamkan Quran sekali setiap malam bulan Ramadhan.

Berkata Alqasim bin Asakir Rahimahulloh; Ayahku sangat disiplin dalam menjalankan shalat jamaah dan tilawah Alquran, beliau selalu khatam Quran setiap Jumat, di bulan Ramadhan beliau khatam Quran setiap hari. Kitab Siyar (20/562).

*Mari budayakan sunnah mengkhatamkan Qur'an di bulan Ramadhan.*

#RamadhanBulanQuran

Info Terkait lihat di:

https://retizen.republika.co.id/posts/94379/kh-bachtiar-nasir-luncurkan-program-khatam-quran

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image