Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Saputra Yusuf

Pepes Ayam Bumbu Kuning Cocok Untuk Menu Buka Puasa Dirumah

Kuliner | Sunday, 10 Apr 2022, 00:38 WIB

Pepes Ayam memang identik dengan ikan, namun sebenarnya ada banyak bahan yang bisa dibuat menjadi pepes, seperti telur, tahu, tempe dan ayam. Bicara soal ayam, bahan ini juga bisa dibuat menjadi sambal ayam yang enak, gurih dan nikmat. Cara membuat pepes ayam juga tidak terlalu sulit, jadi anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Selain bahan utamanya yang beragam, cara penyajiannya juga memiliki beberapa variasi, antara lain bumbu tempel kuning, bumbu putih, bumbu giling atau bumbu iris, dan masih banyak lagi. Meski begitu, rasa Pepes ini tetap terasa gurih dan nikmat, sehingga cocok untuk dijadikan menu puasa di rumah Anda.

Nah, jika ingin tahu cara membuatnya, simak terus resep dan cara membuat Pepes Ayam berikut ini.

Bahan Dan Bumbu Pepes Ayam

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, potong 10-12 bagian

- 2 ikat kemangi

- 2 batang daun bawang, iris 1 cm

- 1 buah tomat, iris

- 10 cabai utuh

- 3 buah cabai hijau, iris miring

- 2 buah cabai merah, iris miring

- 2 batang serai, ambil putihnya, potong 3 cm, memarkan

- 5 lembar daun salam

- 1 telur

- Garam secukupnya

- 1/2 sdt merica bubuk

- 5 sdm minyak

- Daun pisang untuk bungkus

Bumbu halus:

- 6 bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 7 kacang hazel

- 5 cm kunyit

- 3 cm jahe

- 3 cm lengkuas

Cara Membuat:

1. Cuci bersih ayam, sisihkan.

2. Haluskan bumbu halus menggunakan blender, lalu oleskan pada ayam yang sudah dibersihkan.

3. Tambahkan cabai merah, cabai hijau, cabai rawit utuh, irisan tomat, dan daun bawang. Bumbui dengan garam, bubuk kunyit dan merica bubuk. Koreksi rasa, bila sudah pas tambahkan telur dan minyak, lalu aduk hingga rata.

4. Siapkan daun pisang, lalu letakkan 1 lembar daun salam dan 3 cm serai yang dihaluskan, lalu tambahkan 2 potong ayam yang sudah dibumbui, bungkus dengan rapi dan kencangkan ujungnya menggunakan tusuk gigi atau lidi. Ulangi sampai semua bahan habis.

5. Kukus pepes ayam hingga matang, kurang lebih 1 jam.

6. Angkat dan sajikan pepes ayam bumbu kuning bersama nasi putih hangat.

Itulah resep dan cara membuat pepes ayam yang bisa anda coba di rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Terima kasih telah mengunjungi Selamat Memasak dan nikmati sajian Pepes ayam gurih dan nikmat ini bersama keluarga di rumah.

Selamat Mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image