Senin 11 Apr 2022 07:45 WIB

Haji Kembali Dibuka, Ampuh: Selamat Bekerja Kemenag

Kemenag hanya absen dua tahun ini tidak menyelenggarakan ibadah haji karena pandemi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Afiliasi Penyelenggara Umroh Haji (Ampuh) memberikan semangat kepada pemerintah untuk menyiapkan penyelenggaraan haji tahun 1443/2022. "Selamat bekerja Kementerian Agama," kata Wakil Ketua Umum Haji Umroh Ampuh H. Komarudin saat dihubungi Republika, Senin (11/4).

H. Komarudin yang juga sebagai Ketua Tim Haji Ampuh 2022 ini memastikan, umat Islam Indonesia khususnya yang berangkat haji tahun ini berharap agar kesuksesan haji tahun ini bisa dinikmati seluruh jamaah haji Indonesia yang akan berangkat. Itu kerja keras pemerintah sangat diperlukan.

Baca Juga

"Semoga selalu dimudahkan," ujarnya.

Dia mengatakan, pengumuman yang sangat mempet ini perlu dicermati, agar dapat menyelenggarakan haji dengan baik. Karena pemerintah memiliki tugas berat dalam mempersiapkan segala sesuatunya terkait haji.

 

"Waktu pengumuman yang mepet kurang lebih menjelang pertengahan bulan Romadhan ini tentu menjadi tugas berat bagi Kementerian Agama dalam menyiapkan calon-calon jamaah haji yang akan diberangkatkan," katanya.

Komarudin mengatakan, karena tidak murni 100 persen jamaah Indonesia akan diberangkatkan ini tentu menjadi kesulitan tersendiri bagi Kemenag. Karen dalam waktu singkat ini bagaimana Kemenag membagi kuota hajinya untuk jamaah di seluruh Indonesia. 

"Dan bagaimana menyiapkan segala kesiapan yang lain-lain yang harus sesegera mungkin karena memang waktunya sudah mepet," katanya.

Komarudin berharap, pengalaman Kemenag sudah terbiasa setiap tahunnya menyelenggarakan ibadah haji ini dapat sigap mempersiapkan jamaah yang hendak diberangkatkan. Kemenag hanya absen dua tahun ini tidak menyelenggarakan ibadah haji karena pandemi.

"Hanya absen 2 tahun kemarin dengan sigap bisa segera mungkin membuat daftar list jamaah tertunda yang akan diberangkatkan tahun ini, termasuk menyiapkan semua infrastrukturnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement