Senin 11 Apr 2022 08:10 WIB

Kementan-Bulog Serap Gabah di Ngawi

Luas sawah di Ngawi tercatat 50 ribu hektare.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ferry kisihandi
Pekerja memanen padi (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Siswowidodo
Pekerja memanen padi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada musim panen raya, perlu kesiapsiagaan menjaga harga gabah stabil. Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Komando Strategi Penggilingan (Kostraling) dan Bulog melakukan langkah strategis turun ke lapangan guna menyerap gabah sekaligus menyiapkan langkah antisipatif apabila ada dinamika harga saat panen raya.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, pada Sabtu (9/4) mengunjungi Kabupaten Ngawi untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi dalam rangkaian rakor gerakan serap gabah. Ia menyebutkan antisipasi dilakukan dengan menggandeng pihak terkait untuk melakukan kesepakatan yakni dengan Dinas Pertanian, Kostraling, Bulog serta himbara.

"Ini perlu gerak cepat, sebelum ada dampak dinamika harga maka mari kita saling bersinergi. MoU antara kita ini untuk kepastian pasar bagi petani, untuk berkoordinasi lebih kuat lagi, untuk perkuat pangan kita," ujar Suwandi dalam keterangan resminya, Ahad (10/4/2022).

Suwandi menyebutkan, harga rata-rata gabah jika dipanen dengan mesin combine maka nilainya tinggi sekitar Rp 4.400 per kilogram (kg) hingga Rp 4.600 per kg. Sementara, jika panen manual dihargai sekitar Rp 4.200 per kg hingga Rp 4.300 per kg. Pasalnya kualitas gabah dengan panen manual masih rendah.

Berdasarkan data BPS, rata rata harga gabah dan beras di bulan Maret 2022 ini mulai turun di beberapa level, maka dari itu gerak cepat mengamankan harga gabah harus segera jadi prioritas.

Suwandi mengatakan, Kementan telah memiliki program Komando Strategi Penggilingan (Kostraling) yang berperan dalam penyerapan gabah petani. Program yang digagas Mentan Syahrul Yasin Limpo ini tentunya perlu mendapat dukungan dari lembaga dan Kementerian lain.

Penggilingan yang tergabung di kostraling perlu didukung dari KUR. Dengan bunga rendah, pengembalian pun dipermudah pada saat panen (yarnen). Luas sawah di Ngawi tercatat 50 ribu ha. Suwandi meminta Ngawi bisa menerapkan IP400 sampai 5.000 ha. "Tahun ini minimal 1.000 ha, ini merupakan Gerakan perubahan untuk bisa panen padi 4 kali setahun," kata Suwandi

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ngawi, Supardi sangat mendukung respons antisipatif yang dilakukan tim Kementan. Sasaran tanam padi Kabupaten Ngawi 2021-2022 seluas 138.441 ha

Supardi menyebutkan harga gabah di Ngawi saat ini berbeda-beda kisaran Rp 4.400-4.600 per kg. Untuk harga gabah kering panen (GKP) jatuh saat ini terjadi untuk padi varietas logawa. Spesifikasi logawa ini Gabah pecah, rasa atos, nasi jelek, warna kusam, pera, tdk ada rasa nya.

Harga GKP varietas logawa sekitar Rp 3.800 per kg. Padi logawa ini merupakan padi dengan Indeks Glikemiks rendah yang cocok untuk penderita diabetes.

"Kami optimistis apabila pemerintah responsif maka tidak akan ada kendala sebagai akibat harga gabah jatuh saat panen raya," sebut Supardi.

Pada kesempatan tersebut disepakati penyerapan gabah pada April-Mei 2022 oleh Kostraling sebesar 45 ton gabah dan oleh Bulog 2.363 ton gabah setara 1.500 ton beras sesuai standar mutu yang ditetapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement