Senin 11 Apr 2022 14:02 WIB

Rektor UIN Palu: Kebijakan Arab Saudi Peluang Umat Tunaikan Haji

Haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi orang yang mampu.

Ratusan Jamaah haji bertawaf mengelilingi Kabah dengan menjaga jarak sosial  di Masjidil Haram di kota suci Muslim Makkah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020). Rektor UIN Palu: Kebijakan Arab Saudi Peluang Umat Tunaikan Haji
Foto: AP
Ratusan Jamaah haji bertawaf mengelilingi Kabah dengan menjaga jarak sosial di Masjidil Haram di kota suci Muslim Makkah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020). Rektor UIN Palu: Kebijakan Arab Saudi Peluang Umat Tunaikan Haji

IHRAM.CO.ID, PALU -- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Prof Sagaf Pettalongi mengatakan kebijakan Pemerintah Arab Saudi membuka pelayanan ibadah haji menjadi peluang bagi umat Islam di Tanah Air untuk melaksanakan ibadah haji.

"Ini satu kesempatan yang sangat baik bagi umat Islam di Tanah Air untuk melaksanakan ibadah haji," ucap Prof Sagaf, Senin (11/4/2022).

Baca Juga

Sagaf yang juga Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Sulteng mengemukakan haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi orang-orang yang telah mampu. Oleh karena itu, kebijakan dibukanya kembali pelayanan haji menjadi hal yang baik.

"Karena itu Kementerian Agama di Provinsi Sulteng harus segera melakukan persiapan-persiapan terkait dengan pelaksanaan ibadah haji," ujarnya.

 

Sagaf juga mengingatkan kepada calon jamaah haji dari Sulteng agar segera menyiapkan diri termasuk memperhatikan kesehatan tubuh agar pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar. Apalagi, ujar dia, pelaksanaan ibadah haji saat ini beririsan dengan pandemi Covid-19.

Disiplin menerapkan prokes cegah Covid-19 menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. "Bahkan jamaah calon haji harus telah vaksinasi Covid-19, menggunakan vaksin yang diterima oleh Pemerintah Arab Saudi," katanya.

Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu (9/4/2022), resmi mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H dengan total jamaah mencapai satu juta orang. Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umraoh Arab Saudi.

Pemerintah Indonesia menyambut positif atas pengumuman terbaru dari otoritas Saudi ini. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan rasa syukur atas adanya kepastian keberangkatan jamaah haji Indonesia tahun ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement