Kuliner Nasi Kapau di Los Lambuang Bukittinggi Jadi Pilot Project Program Zona KHAS-Halal

Red: Reiny Dwinanda

Senin 11 Apr 2022 16:56 WIB

Kawasan objek wisata kuliner Los Lambung, Bukittinggi, Sumatra Barat, Jumat (17/4/2020). Kawasan tersebut kini tengah dibenahi agar mampu memenuhi kriteria Zona KHAS (kuliner halal aman sehat). Foto: Antara/Iggoy el Fitra Kawasan objek wisata kuliner Los Lambung, Bukittinggi, Sumatra Barat, Jumat (17/4/2020). Kawasan tersebut kini tengah dibenahi agar mampu memenuhi kriteria Zona KHAS (kuliner halal aman sehat).

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Pemerintah akan menjadikan nasi kapau khas Bukittinggi, Sumatra Barat sebagai pilot project program Zona KHAS (Kuliner Halal Aman dan Sehat) dan Zona Halal. Zona KHAS merupakan suatu zona dengan kuliner yang memenuhi kriteria halal, aman, dan sehat.

"Yang dipilih dan menjadi unggulan dari Pemkot Bukittinggi adalah nasi kapau," kata Ketua Satgas Pengembangan Keuangan Syariah dan UMKM OJK Achmad Buchori saat ditemui di Bukittinggi, Sumatra Barat, Senin (11/4/2022).

Baca Juga

Achmad menyampaikan bahwa di dekat Pasa Ateh Bukittinggi terdapat suatu lokasi bernama Los Lambuang yang khusus menjual nasi kapau. Kawasan tersebut kini tengah dibenahi agar mampu memenuhi kriteria Zona KHAS. OJK sebagai manajer kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)  Sumbar pun menggandeng Bank Syariah Indonesia untuk mewujudkan Zona KHAS tersebut.

"Itu ada sekitar 17 warung dan wastafel serta toiletnya sudah rapi, sehingga nanti kalau orang berkunjung ke Bukittinggi akan nyaman," ujarnya.

Peresmian kawasan KHAS nasi kapau tersebut merupakan salah satu dari kegiatan yang akan dilakukan oleh Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) sebagai bagian dari grand opening Gernas BBI Sumatra Barat di Bukittinggi, Selasa (12/4/2022). Wakil Presiden RI Maruf Amin rencananya akan hadir untuk meresmikan pembukaan acara.