Selasa 12 Apr 2022 04:48 WIB

Infografis Negara Eropa Usir Diplomat Rusia

Para diplomat ini dinilai tidak menjalankan tugas sesuai status diplomatik mereka.

Foto: Tim infografis Republika
Pengusiran diplomat Rusia oleh negara Uni Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah negara di Eropa mengusir diplomat Rusia yang bertugas di negara mereka. Para diplomat ini dinilai tidak menjalankan tugas sesuai status diplomatik mereka.

Jerman

Jerman telah memutuskan untuk mengusir puluhan diplomat Rusia. Kementerian Luar Negeri Jerman tidak menyebut jumlah pasti, tetapi kantor berita DPA mengatakan setidaknya 40 diplomat diminta kembali ke negara mereka.

Prancis

 

Prancis pada Senin (4/4/2022) mengumumkan pengusiran 35 diplomat Rusia. Hal itu dilakukan terkait dengan keamanan nasional.

Italia

Italia pada Selasa (5/4/2022) telah mengusir 30 diplomat Rusia dengan alasan masalah keamanan. Pengusiran dilakukan dengan alasan terkait keamanan nasional.

Denmark

Denmark pun telah mengusir 15 diplomat Rusia dari negara mereka. Ke-15 diplomat tersebut dituding sebagai petugas intelijen.

Spanyol

Spanyol mengusir sekitar 25 diplomat Rusia sebagai bentuk protes atas agresi negara tersebut ke Ukraina.

Austria

Austria mengusir empat diplomat Rusia. Tiga diplomat di antaranya merupakan pegawai di Kedubes Rusia di Wina dan satu lainnya adalah pegawai di Konsulat Jenderal Rusia di Salzburg.

Yunani

Otoritas Yunani meminta 12 diplomat Rusia untuk angkat kaki dari negara mereka. Ini dilakukan sebagai tanggapan atas perang di Ukraina, seraya menyatakan mereka 'persona non grata'.

Norwegia

Norwegia memutuskan menyuruh pulang tiga diplomat di Kedutaan Besar Rusia di Oslo. Mereka dinilai telah melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan status diplomatik mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement