Hendak Bangunkan Sahur, Anak-Anak Kaget Lihat Ular Melintas

Jogregan  
Petugas menangkap ular. (Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)
Petugas menangkap ular. (Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Kontak antara ular dan manusia di permukiman warga kembali terjadi di Kabupaten Kuningan. Kali ini, seekor ular air kelabu ditemukan anak-anak yang sedang menunggu waktu untuk membangunkan sahur.

Ular tersebut ditemukan di gang samping rumah warga bernama Maman, di RT 04 RW 05 Kelurahan Awirarangan, Kecamatan/Kabupaten Kuningan, Selasa (12/4/2022) dini hari.

Penemuan ular itu bermula saat sekelompok anak-anak sedang bermain sambil menunggu waktu untuk membangunkan sahur. Tiba-tiba, mereka melihat ada ular yang sedang melintas di sekitar rumah Maman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Anak-anak yang merasa kaget dan takut langsung memberitahukannya kepada Maman. Karena khawatir ular tersebut membahayakan, maka hal itu segera dilaporkan ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Petugas pemadam kebakaran yang datang pun langsung menangkap ular tersebut. Diketahui bahwa ular itu merupakan ular air kelabu yang bersifat agresif dan lekas menggigit bila terpegang.

‘’Bisanya termasuk kategori lemah sampai sedang, gigitannya mengakibatkan sedikit rasa sakit dan pembengkakan. Ular tersebut aktif terutama di malam hari (nokturnal),’’ terang Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti.

Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi langsung melakukan upaya penangkapan. Hanya dalam waktu sepuluh menit, ular tersebut sudah tak berkutik saat berhasil ditangkap.

Khadafi mengatakan, jika ular tersebut dibiarkan/tidak dievakuasi, maka dikhawatirkan dapat membahayakan binatang maupun warga yang melintas/ beraktivitas di sekitar lokasi tersebut.

‘’Kami juga mengimbau agar warga jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah, atau membiarkan halaman rumah kotor dan lembab, karena akan mengundang ular masuk lokasi halaman rumah,’’ tandas Khadafi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image