Kamis 14 Apr 2022 02:00 WIB

Manfaatkan Ramadhan Sebagai Bulan Berbagi

Manfaatkan Ramadhan sebagai Bulan Berbagi

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Manfaatkan Ramadhan sebagai Bulan Berbagi - Suara Muhammadiyah
Manfaatkan Ramadhan sebagai Bulan Berbagi - Suara Muhammadiyah

CIREBON, Suara Muhammadiyah – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Cirebon (BEM FAI UMC) memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk terus berbagi. Dilaksanakan pada Ahad, (10/4) bertempat di kampus 2 UMC.

Alvi selaku Gubernur BEM FAI menyampaikan bahwa momentum Ramadhan ini jangan sampai kita sia-siakan begitu saja tanpa ada upaya berbuat, beramal dan menambah khasanah keilmuan. “Badan Eksekutif Mahasiswa FAI menyelenggarakan agenda KARMA BETA (Kajian Ramadhan, Bagi Takjil dan Buka Puasa Bersama) bersama dengan Himpunan mahasiswa prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan Tasawwuf Psikoterapi”. Papar Alvi.

Kegiatan ini lanjutnya, dilaksanakan mulai pukul 14.00 diawali dengan kajian Ramadhan dengan tema “Menumbuhkan semangat ibadah di Bulan yang suci ala  FAI UMC” yang bertempat di masjid raya kampus UMC dan dilanjutkan dengan berbagai takjil di jalan depan kampus, ditutup dengan berbuka puasa bersama.

Aziz Husnarijal, M.Pd.I selaku bagian kemahasiswaan FAI menegaskan bahwa didalam Ramadhan terdapat banyak keutamaan. “Ramadhan bulan dimana didalamnya banyak sekali keutamaan diantaranya kepatuhan, pelatihan dan pengorbanan seorang hamba kepada sang Kholiq.

kepatuhan “taat atas perintah Allah SWT untuk berpuasa, Pelatihan 1 bulan untuk setahun yang akan datang menjaga jasmani & rohani, pengorbanan dalam rangka membakar ego & nafsu-nafsu manusia (Hubuddunya) dan pada akhirnya adalah Divine love (cinta illahi)”. Jelas Aziz

Sementara itu Dr. Aip Syarifuddin, M.Pd.I selaku Dekan FAI UMC berpesan bahwa Mahasiswa Fakultas Agama Islam merupakan manusia pilihan yang mengemban amanah dakwah amar ma’ruf nahi munkar sesuai dengan kapasitas, cara dan situasi masing-masing”. Tandasnya.

Fakultas Agama Islam lanjut Aip, akan menjadi kawah candradimuka untuk mendidik anak bangsa yang berakhlaqul karimah. “Kegiatan semacam ini tentang harus kita rawat dan lestarikan sebagai bentuk implementasi teologi Al-Maun yang diajarkan oleh KH. Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah sebagai ruh gerakan khusus di Fakultas Agama Islam”. Imbuh Aip.

Kegiatan di bukan oleh Dekan FAI, dilanjutkan dengan Tausyiah oleh Dr. Arief Hidayat Afendi, M.Ag selaku Lembaga Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LP AIK). (ranov).

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement