Sepuluh Hari Pertama Ramadhan, Masjid Nabawi Dikunjungi Enam Juta Jamaah

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Apr 2022 13:44 WIB

Umat Muslim di Arab Saudi melakukan sholat tarawih di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Sepuluh Hari Pertama Ramadhan, Masjid Nabawi Dikunjungi Enam Juta Jamaah Foto: SPA Umat Muslim di Arab Saudi melakukan sholat tarawih di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Sepuluh Hari Pertama Ramadhan, Masjid Nabawi Dikunjungi Enam Juta Jamaah

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Badan Kepresidenan Umum Urusan Masjid Nabawi menyebut Masjid Nabawi di Madinah, menerima 6.398.502 pengunjung selama sepuluh hari pertama bulan Ramadhan. Tercatat juga, ada 132.345 jamaah yang bisa sholat di dalam Al-Rawdah Al-Sharifah.

Dilansir dari Riyadh Daily, Selasa (12/4/2022), Kepresidenan Masjid Nabawi sangat mementingkan pelayanan kepada para tamu Masjid Nabawi. Salah satunya dengan distribusi air Zamzam yang mencatatkan lebih dari 1.285.543 botol air telah dibagikan kepada pengunjung Masjid Nabawi. 

Baca Juga

Otoritas Masjid Nabawi juga telah menyediakan lebih dari 1.299.510 makanan lengkap dan kemasan kepada orang-orang yang berpuasa. Semua layanan ini diklaim sebagai bentuk semangat Kepresidenan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan pengembangan sistem layanan sesuai perintah Kerajaan Saudi. 

Sebelumnya, satu juta peziarah akan diizinkan melakukan haji pada 2022. Seperti dilansir Saudi Gazette, jumlah yang menghadiri acara tahunan itu sangat berkurang dalam dua tahun sebelumnya untuk memerangi pandemi virus corona.

Syarat lainnya, peziarah haji harus berusia di bawah 65 tahun. Selain itu harus memiliki vaksinasi Covivd-19 yang disetujui oleh kementerian kesehatan Kerajaan.

Semua peziarah harus menunjukkan tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 72 jam dari waktu keberangkatan. Keputusan tersebut berupaya memungkinkan jumlah jamaah haji terbesar untuk mengambil bagian dalam haji, sambil menjaga keuntungan kesehatan yang dicapai oleh Kerajaan dalam menghadapi pandemi Covid-19.