Rabu 13 Apr 2022 19:15 WIB

Orang yang Merawat Perlu Memahami Masalah Kulit yang Kerap Dialami Lansia

Kulit kering, dermatitis, hingga tumor jinak kulit bisa mengusik lansia.

Lansia (Ilustrasi). Kulit kering, dermatitis, hingga berbagai tumor jinak kulit kerap mengusik lansia.
Foto: EPA-EFE/NARENDRA SHRESTHA
Lansia (Ilustrasi). Kulit kering, dermatitis, hingga berbagai tumor jinak kulit kerap mengusik lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gangguan kesehatan pada orang berusia lanjut bukan sekedar gizi, tetapi juga kulit. Hal ini perlu dipahami para pengasuh atau caregiver.

"Ini kelihatannya sepele tetapi bisa menjadi masalah besar, masalah kulit kerap dialami lansia," kata  Plt Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), drg Kartini Rustandi, M. Kes dalam webinar bertajuk "Perawatan Kulit Pada Lansia", Rabu (13/4/2022).

Baca Juga

Merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Kartini menyebut lansia di Indonesia saat ini mencapai 29,3 juta jiwa atau 10,8 persen dari penduduk Indonesia. Salah satu hal penting yang perlu disorot pada populasi ini adalah faktor kesehatan.

Permasalahan kesehatan berawal dari kemunduran sel-sel tubuh sehingga terjadi penurunan fungsi dan daya tahan tubuh berujung pada peningkatan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, termasuk kulit. Di sisi lain, sebanyak 26 persen lansia diketahui memiliki tingkat kemandirian yang menurun dengan derajat ringan, sedang, berat hingga total.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement