Rabu 13 Apr 2022 23:44 WIB

Pemkot Madiun Alokasikan Rp 5 Miliar untuk Bangun Pondok Lansia

Pondok lansia itu bertujuan untuk memfasilitasi para lansia di Kota Madiun.

Pemkot Madiun Alokasikan Rp 5 Miliar untuk Bangun Pondok Lansia (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Pemkot Madiun Alokasikan Rp 5 Miliar untuk Bangun Pondok Lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun 2022 untuk membangun pondok bagi kaum lanjut usia (lansia) di wilayah setempat.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan pembangunan pondok lansia itu bertujuan untuk memfasilitasi para lansia di Kota Madiun, khususnya, bagi lansia yang selama ini tidak terawat.

Baca Juga

"Lokasi pondok lansia itu nantinya di sekitar Lapak UMKM Bumi Semendung. Sekarang sedang proses membangun jalannya," ujar Wali Kota Maidi di Madiun, Rabu (13/4/2022).

Sesuai data, saat ini ada sebanyak 179 lansia di Kota Madiun yang sudah renta dan butuh perawatan. Sedangkan, Kota Madiun belum memiliki tempat khusus untuk merawat para lansia. "Di pondok lansia ini nanti ada petugas khusus yang merawat lansia tersebut," kata dia.

Pondok lansia rencananya akan dibangun di atas tanah bengkok aset Pemkot Madiun seluas 2 hektare. Di area tersebut nantinya akan dibangun berbagai fasilitas yang menunjang kesehatan lansia. Seperti, rumah ibadah, lokasi olahraga, dan taman. "Konsepnya, lansia laki-laki dan perempuan dipisah kanan-kiri. Kemudian, tengahnya ada masjid dan air mancur. Konsepnya dari saya sendiri," katanya.

Mantan Sekda Kota Madiun itu berharap, pembangunan pondok lansia bisa rampung tahun ini. Sehingga, mulai tahun depan sudah dapat dioperasikan untuk merawat para lansia yang membutuhkan. "Nanti sambil penyempurnaan dilakukan di tahun anggaran berikutnya. Dengan pembangunan pondok lansia ini diharapkan kesejahteraan lansia di Kota Madiun bisa semakin meningkat," kata dia.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement