Jumat 15 Apr 2022 11:05 WIB

UNY Jadi Koordinator Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan

Selain koordinator tes, UNY juga sebagai penyelenggara.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UNY.
Foto: Dokumen.
Kampus UNY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diberikan amanah Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek sebagai koordinator seleksi akademik bagi calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap I sebanyak 390.231 orang guru.

UNY menggandeng 11 LPTK. Antara lain, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Negeri Padang.

Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Pendidikan Ganesha, dan FKIP Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Prof Margana mengatakan, proses seleksi ini berbasis tes domisili.

"Tujuan tes berbasis domisili ini antara lain untuk memberi motivasi para guru dengan literasi teknologinya, efektif dan efisien dengan tidak memerlukan test center dan sekaligus melatih kemandirian," kata Margana, Selasa (12/4/2022).

Ujian daring berbasis domisili ini juga dilakukan secara fleksibel karena peserta dapat mengikuti di rumah masing-masing atau tempat pilihannya. Dengan pertimbangan kelancaran jaringan internet dan mengikuti SOP yang ditetapkan.

Ketua Tim Pakar Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan, Syawal Gultom menuturkan, peserta tes akan diawasi dalam melakukan tes seleksi ini. Monitoring peserta tes PPG dilakukan pengawas yang memantau sekaligus 20 orang melalui layar monitor.

"Untuk mengawasi adanya perjokian tinggal dilihat layar monitor. Peserta yang serius pasti konsentrasi di layar monitor karena membaca soal, bila kasak-kusuk, maka pengawas mematikan sistem komputer peserta, sehingga soal tes menghilang," ujar dia.

Syarat ujian PPG dalam satu ruang hanya boleh ada satu orang. Sekaligus, melatih kesiapan literasi dan edukasi peserta karena saat PPG juga memakai sistem yang sama, dan usai pandemi sistem pembelajaran jadi hybrid antara luring dan daring.

Soal yang dipakai dalam tes seleksi dibuat banyak paket oleh tim pakar demi meminimalisir kebocoran dan soal hanya sekali pakai. Tim Pakar Universitas Negeri Semarang, Prof Budi Waluyo mengatakan, soal mengacu tujuh capaian CPL.

"Mampu melakukan tugas professional, merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi, menguasai materi ajar, merancang pembelajaran, membuat pembelajaran mendidik dan mengembangkan diri secara berkelanjutan," kata Budi.

Sekretaris Tes Seleksi PPG Dalam Jabatan, Sukarno menambahkan, tes seleksi calon mahasiswa PPG Tahap I berlangsung sejak 9-24 April yang terbagi lima periode . UNY selain sebagai koordinator tes, juga sekaligus sebagai penyelenggara.

Diadakan yang di Gedung PPG, Unit Layanan Bahasa dan UPT TIK. Setiap sesi UNY mengerahkan 135 pengawas dan setiap pengawas memonitor 20 orang dan semua tes dikendalikan dari ruang kendali di Gedung PPG UNY yang memantau data peserta.

"Nama peserta, asal sekolah, dinas pendidikan, kabupaten dan provinsi asal. Tes Seleksi PPG Tahap II direncanakan digelar pada Juni 2022 dengan peserta sekitar 350 ribu orang guru PAUD, SD, SMP, dan SMA," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement