Biar Nggak Tekor, Ini Tips Simpel Mengatur Keuangan Saat Lebaran

Tips  
Tips mengatur keuangan saat Lebaran/ilustrasi. (foto: republika.co.id).
Tips mengatur keuangan saat Lebaran/ilustrasi. (foto: republika.co.id).

Lebaran selama ini menjadi momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim usai menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Lebaran sangat erat dengan tradisi mudik atau pulang kampung serta bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga.

Silaturahmi biasanya tak lepas dari sajian aneka hidangan kecil, seperti kue kering, hingga makanan besar seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan lain sebagainya. Tanpa disadari, hal tersebut akan menyerap biaya yang cukup banyak.

Agar dapat mengelola anggaran dengan baik saat Lebaran, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan, dikutip dari siaran media Ternak Uang pada Kamis, 14 April 2022. Ternak Uang adalah platform digital yang menyediakan konten edukasi investasi bagi investor pemula untuk mencari cuan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Tentukan Anggaran

Rincian terkait kebutuhan di Hari Lebaran perlu dibuat dan dicatat. Misalnya, tiket mudik pulang-pergi, membeli bahan-bahan untuk masakan Lebaran, membeli baju anak, angpau untuk keluarga, dan sebagainya. Rincian anggaran akan membantu supaya keuangan tidak menipis usai Lebaran.

- Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Momen Lebaran memang seringkali membuat sebagian orang kalap dalam berbelanja karena berpikir momen tersebut hanya sekali dalam setahun. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah dibuat, kesampingkan barang-barang yang tak dibutuhkan.

- Pisahkan THR dan Gaji

Salah satu yang paling membahagiakan jelang Lebaran adalah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pastikan tidak kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit. Sebaiknya tetap mengalokasikan gaji untuk kebutuhan bulanan. Sementara untuk keperluan menjelang Hari Lebaran, bisa menggunakan THR.

- Persiapkan Dana Darurat

Meski Hari Lebaran singkat, bukan berarti dana darurat tidak diperlukan. Dana darurat harus tetap dipersiapkan dalam bentuk tunai untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tak terduga.

- Belajar Keuangan

Tidak ada salahnya belajar keuangan supaya menghindari pengelolaan yang salah seperti over budget yang akan membuat kesulitan setelah Lebaran. Hal ini bisa didapatkan misalnya dengan belajar ilmu keuangan di Ternak Uang Academy. Di sana, pengguna bisa belajar mengatur keuangan dari nol dengan bantuan profesional.

Mengatur keuangan tak berhenti sampai di Hari Lebaran saja. Selanjutnya, harus tetap disiplin mengatur pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan.

Sebisa mungkin segera melunasi utang jika saat Lebaran menggunakan kartu kredit. Selain itu, juga harus kembali menabung. Perlu diingat, uang tabungan sebaiknya disisihkan di awal, bukan menunggu sisa pengeluaran.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image