Sabtu 16 Apr 2022 00:20 WIB

Tanda Strok Ringan yang tidak Boleh Diabaikan Meski Serangannya Terasa Singkat

Periksakan diri ke dokter dalam waktu 24 jam sejak awal gejala strok ringan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Deteksi gejala stroke dengan metode FAST. Strok ringan pun tidak boleh diremehkan. Periksakan diri ke dokter dalam waktu kurang dari 24 jam setelah merasakan gejala.
Foto: Republika
Deteksi gejala stroke dengan metode FAST. Strok ringan pun tidak boleh diremehkan. Periksakan diri ke dokter dalam waktu kurang dari 24 jam setelah merasakan gejala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Strok ringan atau dikenal dalam istilah medis sebagai transient ischemic attack (TIA) merupakan kondisi ketika bagian otak mengalami kekurangan oksigen. Meski durasi serangannya cukup singkat, ini bisa menjadi indikasi bahwa strok yang lebih merusak otak sedang dalam perjalanan.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengungkap bahwa strok ringan bisa diidentifikasi dari beberapa gejala yang muncul di wajah, lengan, dan cara bicara. Orang dengan strok ringan wajahnya akan terlihat kendur di satu sisi, sulit tersenyum, atau mulut dan matanya terkulai.

Baca Juga

Lalu, pada lengan, pasien TIA biasanya mengalami mati rasa pada satu lengan. Mereka akan kesulitan mengangkat kedua lengan dan menahannya.

Sementara ketika berbicara, ucapan mereka mungkin tidak jelas atau kacau. Penderita strok ringan mungkin tidak bisa berbicara sama sekali.

"Jika Anda mengalami satu dari beberapa gejala di atas, Anda harus dirujuk ke spesialis dalam waktu 24 jam sejak awal gejala. Bahkan, jika gejala ini hilang dalam beberapa menit, Anda tetap harus memeriksakannya," kata NHS, seperti dilansir laman Express, Jumat (15/4/2022).

Orang yang dianggap berisiko tinggi terkena strok termasuk mereka yang mengidap diabetes atau tekanan darah tinggi. Terkadang, strok ringan dapat menyebabkan gejala berbeda yang muncul dalam beberapa detik.

Gejala tersebut mungkin termasuk kelumpuhan total pada satu sisi tubuh, kehilangan penglihatan mendadak, penglihatan kabur atau penglihatan ganda, vertigo, mengalami sakit, dan pusing. Kebingungan, kesulitan memahami apa yang orang lain katakan, masalah dengan keseimbangan dan koordinasi, dan kesulitan menelan (disfagia) juga bisa menjadi pertanda.

Strok ringan adalah peringatan bahwa Anda berisiko mengalami strok lebih parah dalam waktu dekat. Jadi jika Anda yakin pernah mengalami strok ringan di masa lalu yang tidak diperiksa oleh profesional medis, segeralah temui dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement