Sabtu 16 Apr 2022 05:27 WIB

Bandara Syamsudin Noor Berupaya Percepat Realisasi Penerbangan Umrah

Ada 35 ribu orang dalam daftar tunggu untuk penerbangan umrah dari Kalimantan Selatan

Sejumlah penumpang keluar dari terminal kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (22/4/2021).
Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Sejumlah penumpang keluar dari terminal kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (22/4/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, berupaya mempercepat realisasi penerbangan umrah melalui optimalisasi layanan keimigrasian."Kesiapan bandara dalam melayani penerbangan umrah sudah 100 persen, sinergitas antara manajemen Angkasa Pura I dan Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk meningkatkan pelayanan Keimigrasian terus dikuatkan," kata General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin Dony Subardono di Banjarbaru, Jumat (15/4/2022).

Ia mengatakan ada 35 ribu orang dalam daftar tunggu untuk penerbangan umrah dari Kalimantan Selatan. Untuk itulah manajemen Angkasa Pura I turut berharap para calon jamaah umrah bisa secepatnya berangkat ke Tanah Suci Makkah.

Baca Juga

Dony pun memastikan layanan keimigrasian di bandara melalui Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel dan Kantor Imigrasi Banjarmasin sudah menyiapkan sumber daya manusia dan prasarana yang dibutuhkan pada area kedatangan dan keberangkatan bagi penumpang di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI)."Ada dua konterpemeriksaan keimigrasian di keberangkatan dan empat konter di kedatangan, termasuk satu ruangan pelayanan visa on arrival," jelasnya.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan Lilik Sujandi mengakui tingginya animo keberangkatan umrah menjadi atensi bagi pihaknya agar pelayanan keimigrasian bisa maksimal di bandara.Dia menyatakan secara kesiapan dalam hal keimigrasian pada prinsipnya sudah siap dan bahkan pihaknya telah melakukan simulasi layanan.

"Kita terus lakukan persiapan bersama para stakeholder lainnya, sehingga penerbangan internasional di Bandara Syamsudin Noor dapat segera kita realisasikan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement