Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

Makna Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam Yang Perlu Anda Ketahui

Agama | Saturday, 16 Apr 2022, 01:42 WIB

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam. Karena itulah datangnya bulan Ramadhan selalu disambut antusias oleh seluruh umat Islam di dunia, termasuk di Indonesia.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan seorang muslim di bulan Ramadhan. Tentunya akan sangat merugi, seorang muslim yang tidak memperbanyak amalan di bulan Ramadhan.

Amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri. Apalagi setiap amalan di bulan puasa memberikan berkah dan pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari-hari lainnya.

Datangnya bulan Ramadhan juga memiliki makna yang sangat besar bagi umat Islam. Namun, masih ada sebagian umat Islam yang belum mengetahui makna dari bulan Ramadhan ini.

Oleh karena itu, untuk memperdalam ilmu agama, perlu diketahui makna bulan Ramadhan bagi umat Islam.

1. Bulan Penuh Dengan Kesabaran

Makna pertama bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah bulan penuh kesabaran. Selama bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh.

Selama berpuasa, umat Islam dituntut untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan menanggung cobaan. Selain itu, umat Islam diwajibkan untuk menjaga mulutnya dari hal-hal yang tidak baik.

Rasulullah saw. bersabda, “Puasa (Ramadhan) adalah perisai dan benteng yang kuat dari siksa api neraka”. (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

Perlu diketahui, puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam. Oleh karena itu, makna bulan Ramadhan bagi umat Islam sangatlah besar.

Ramadhan penuh dengan segala macam kebaikan dan berkah. Oleh karena itu, lebih baik perbanyak ibadah dan tadarus di bulan Ramadhan. Berikut yang saya rangkum.

2. Bulan Turunya Al-Quran

Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad. di bulan Ramadhan, tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. Al-Qur'an merupakan pedoman dan pedoman hidup yang harus diyakini oleh setiap muslim.

Malam pertama Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad. Disebut juga Nuzulul Qur'an.

Maka, makna bulan Ramadhan bagi umat Islam menjadi semakin penting dengan diturunkannya Al-Qur'an sebagai pedoman kehidupan umat di bulan Ramadhan ini.

3. Malam Lailatul Qadar

Di bulan Ramadhan ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang paling diinginkan oleh seluruh umat Islam.

Untuk mendapatkan malam tersebut, seorang muslim harus melakukan ibadah dan amalan shaleh, seperti puasa, tadarus, tadarus Al-Qur'an, shalat, dzikir, renungan diri dan amal shaleh lainnya.

Hanya orang-orang yang berbuat baik yang bisa mendapatkan malam ini. Oleh karena itu, makna bulan Ramadhan bagi umat Islam salah satunya adalah malam Lailatul Qadar yang merupakan malam yang sangat istimewa.

4. Bulan Dengan Penuh Kedermawanan

Di bulan Ramadhan ini, Nabi Muhammad SAW. berikan contoh terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan.

Hal ini menyadarkan Anda bahwa makna bulan Ramadhan adalah memperbanyak sedekah dan memberi kepada fakir miskin serta mengurangi beban fakir miskin dan fakir miskin.

Umat Islam dianjurkan untuk bersedekah dan di akhir puasa, yaitu sebelum Idul Fitri, mereka diwajibkan membayar zakat fitrah bagi yang mampu.

5. Bulan Pengampunan Dosa

Makna Ramadhan selanjutnya bagi umat Islam adalah sebagai bulan pengampunan dosa. Rasulullah saw. dikatakan:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan hanya mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” - (HR. Al-Bukhari)

Melalui hadits ini, jelaslah bahwa Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Allah SWT. menjanjikan ampunan segala dosa dan kebebasan dari siksa api neraka bagi orang-orang yang berpuasa karena imannya dan semata-mata mengharap keridhaan-Nya.

Khususnya pada bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Sebagaimana Nabi Muhammad saw. dikatakan:

“Bila bulan Ramadhan datang pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Bahkan Allah SWT. menyediakan pintu khusus di surga bagi umat Islam yang berpuasa Ramadhan, bernama Ar-Rayyan. Sebagaimana Nabi Muhammad saw. dikatakan:

“Pintu Ar-Rayyan itu hanya untuk orang yang berpuasa, tidak untuk orang lain selain mereka. Jika sudah masuk seluruh golongan ahli puasa Ramadhan, maka tidak boleh dimasuki orang lain.” (HR Bukhari, Muslim dan Ahmad).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image