Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

Hukum Puasa Ramadhan Bagi Umat Islam Itu Wajib

Agama | Saturday, 16 Apr 2022, 12:46 WIB

Umat Islam perlu memahami hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam sejati. Puasa Ramadhan dilakukan selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Dalam Al-Qur'an, surah al-Baqarah ayat 183 dijelaskan bahwa perintah atau hukum untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan adalah wajib.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. al-Baqarah ayat 183).

Hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam hukumnya wajib menurut surat al-Baqarah ayat 183 sebagaimana ditafsirkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Dijelaskan bahwa hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam adalah wajib untuk mendidik jiwa, mengendalikan nafsu, dan menyadari bahwa manusia memiliki kelebihan dibandingkan hewan.

"Orang yang beriman akan patuh melaksanakan perintah berpuasa dengan sepenuh hari, karena ia merasa kebutuhan jasmaniah dan rohaniah adalah dua unsur pokok bagi kehidupan manusia yang harus dikembangkan dengan bermacam-macam latihan, agar dapat dimanfaatkan untuk ketenteraman hidup yang bahagia di dunia dan akhirat," sesuai tafsir Kementerian Agama RI dilansir pada Jumat (1/4/2022). Baca Selengkapnya...

Hal ini juga dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Bahwa hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam adalah wajib atau wajib.

"Islam itu dibangun di atas lima dasar, yaitu persaksian (syahadat) bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan salat, menunaikan zakat, haji (ke Baitullah) dan puasa pada Ramadhan." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam buku yang berjudul Pendidikan Agama Islam dan Akhlak (2017) oleh Muhammad Ahsan dan Sumiyati, dijelaskan bahwa puasa atau syaum memiliki arti menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara istilah, puasa berarti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Hal yang sama tentang hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam wajib ditegaskan dalam hadits riwayat Imam Ahmad. Di bulan Ramadhan wajib berpuasa, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu oleh Allah SWT.

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak bisa mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)." (HR. Ahmad).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image