Sabtu 16 Apr 2022 21:58 WIB

Saudi: Pasukan Israel Serang Kesucian Masjid Al-Aqsa

Saudi menyerukan masyarakat internasional untuk meminta pertanggungjawaban Israel.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Warga Palestina bentrok dengan pasukan keamanan Israel di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem Jumat, 15 April 2022.
Foto: AP/Mahmoud Illean
Warga Palestina bentrok dengan pasukan keamanan Israel di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem Jumat, 15 April 2022.

IHRAM.CO.ID,  RIYADH -- Serangan Israel terhadap kompleks Masjid Al Aqsa dinilai merupakan tindakan terangan-terangan terhadap kesucian situs umat Islam

“Eskalasi sistematis ini adalah serangan terang-terangan terhadap kesucian Masjid Al-Aqsa dan tempatnya di jantung negara Islam,” kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan pada Jumat (15/4). 

Baca Juga

Saudi menyerukan masyarakat internasional untuk meminta pertanggungjawaban pasukan Israel atas tindakannya di kompleks Al-Aqsa. Hal itu termasuk aksi penyerangan yang mereka lakukan terhadap warga Palestina.

 Bercermin dari eskalasi di Al-Aqsa, Saudi tak menampik ada kebutuhan untuk menghidupkan kembali upaya perdamaian di Timur Tengah. Selain Saudi, Iran pun telah mengutuk keras aksi penggerudukan dan kekerasan yang dilakukan pasukan Israel di kompleks Al-Aqsa. Teheran menilai, rezim Zionis secara mencolok memperlihatkan pelanggaran terhadap hukum internasional dan hak asasi manusia (HAM).

 

“Kejahatan Zionis terhadap rakyat Palestina yang tertindas menunjukkan semakin lemahnya rezim pendudukan ini yang bertujuan menutupi kekuasaannya yang kosong,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh, Jumat, dilaporkan laman Mehr News Agency. 

Dia menekankan, rezim Zionis dan pendukung internasionalnya bertanggung jawab atas konsekuensi kejahatan semacam itu di tanah pendudukan. Khatibzadeh meminta pemerintah dan organisasi internasional mendukung rakyat Palestina. Sementara kepada umat dan negara-negara Muslim, dia meminta mereka menunjukkan dukungan untuk membela serta melindungi Al-Aqsa.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement