Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Ciri-ciri Stroke Ringan, Jangan Anggap Enteng

Eduaksi | Sunday, 17 Apr 2022, 08:01 WIB

Untuk mencegah terjadinya dampak yang lebih fatal, Anda harus mengetahui dengan baik ciri-ciri stroke ringan. Karena kondisi ini dapat mengakibatkan kelumpuhan otak permanen hingga kematian, maka tak ada salahnya melakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat.

Stroke ringan memang tidak dapat dianggap remeh, karena dampaknya cukup berbahaya bagi tubuh terutama fungsi otak. Maka, upaya pencegahan sangatlah penting. Jadi sebelum terlambat segera ubah pola hidup Anda.

Untuk itu, kenalilah dengan baik ciri-ciri stroke ringan di bawah ini agar dapat dilakukan pencegahan sesegera mungkin:

Merasa Mati Rasa Pada Bagian Tubuh Tertentu

Jangan anggap remeh, jika suatu ketika Anda mengalami mati rasa pada bagian tubuh tertentu secara tiba-tiba. Karena bisa saja itu merupakan ciri-ciri stroke ringan. Hal ini disebabkan adanya kerusakan pada beberapa saraf tubuh.

Maka dari itu, sebelum terlambat sebaiknya lakukan upaya pencegahan berupa perubahan pola hidup menjadi lebih sehat.

Kaki dan Tangan Mengalami kelumpuhan

Kaki dan tangan yang tiba-tiba sangat lemah untuk digerakkan bisa saja merupakan gejala awal dari stroke ringan. Hal ini disebabkan oleh semakin menipisnya pasokan oksigen dalam darah ke otot sehingga tak dapat menggerakkan tubuh secara normal.

Merasa Sering Mual dan Muntah

Apabila seseorang merasakan mual dan muntah secara berlebihan, bisa jadi mengalami gejala stroke ringan yang harus segera diatasi sesegera mungkin. Jika organ dalam tubuh mulai kehilangan fungsinya dapat memicu hal ini terjadi.

Pada umumnya kondisi ini disertai pusing dan nyeri pada leher. Maka jika Anda telah merasakan gejala-gejalanya lebih baik segera memeriksakan diri untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang lebih ahli.

Kesadaran Menurun

Ciri-ciri stroke ringan satu ini disebabkan oleh tidak lancarnya suplai darah ke otak sehingga menyebabkan pasokan akan oksigenpun juga menurun drastis. Maka jaringan tersebut akan otomatis terhenti kerjanya sehingga penderita akan kehilangan kesadaran.

Gangguan Keseimbangan

Saat penderita mengalami gangguan keseimbangan, berarti pasokan darah yang mengandung banyak oksigen tidak tersampaikan ke seluruh tubuh. Maka, akan terjadi trouble pada kinerja organ-organ di dalamnya.

Dalam melakukan pencegahan, tentu hal paling utama dilakukan adalah berusaha merubah pola hidup. Namun memang semua itu tidaklah mudah, tapi hasil yang diperolah dapat menyelamatkan Anda dari resiko penyakit stroke.

Oklusi Retina Cabang

Oklusi Retina Cabang bisa terjadi apabila terdapat subatan pada aliran darah yang menuju ke retina sehingga menyebabkan kekurangan pasokan darah dan oksigen. Maka secara otomatis akan mengalami gangguan pada penglihatan.

BACA JUGA: Cara memasak makanan untuk penderita stroke

Cepat Merasa Lelah

Sebagian penderita stroke ringan mengalami hal ini. Karena kurangnya pasokan darah dan oksigen ke seluruh tubuh menyebabkan kinerja setiap organ di dalamnya tidak akan berjalan maksimal. Maka badan akan merasa cepat lelah dan tidak fit terus menerus.

Stroke merupakan dampak dari suatu penyakit, maka dari itu untuk menumpas habis hingga ke akarnya sebaiknya lakukan pemeriksaan secara keseluruhan agar dapat diketahui pemicu utama terjadinya kondisi ini.

Itulah beberapa informasi tentang ciri-ciri stroke ringan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang waspada terhadap kondisi ini sehingga bisa melakukan pencegahan stroke lebih dini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image