Pendakwah Alfie Alfandi Ajak Ramaikan Masjid Berburu Lailatul Qadar

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Ahad 17 Apr 2022 23:16 WIB

Aktor dan Founder Bikers Dakwah Indonesia, Alfie Alfandy (baju hitam) usai mengisi acara Oboran Puasa di Masjid Al Muhajirin, Jalan Delima III, Perumnas Klender, Jakarta Timur, Ahad (17/4). Foto: Republika/Muhyiddin Aktor dan Founder Bikers Dakwah Indonesia, Alfie Alfandy (baju hitam) usai mengisi acara Oboran Puasa di Masjid Al Muhajirin, Jalan Delima III, Perumnas Klender, Jakarta Timur, Ahad (17/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aktor dan Founder Bikers Dakwah Indonesia, Alfie Alfandy mengatakan, bulan Ramadhan merupakan momentum bagi umat Islam untuk menggelar kegiatan yang berfaedah dan positif.

Dia pun mengajak umat Islam meramaikan masjid dan memperbanyak ibadah untuk meraih Lailatul Qadar, malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Baca Juga

“Seharusnya pada Ramadhan kita semua, bukan hanya di Masjid Al Muhajirin saja, melainkan kita semua harus bikin siang malam dan menuju sahur kita harus hidupkan Ramadhan agar kita mendapatkan malam Lailatul Qadar,” ujar Alfie saat mengisi acara Obrolan Puasa di Masjid Al Muhajirin, Jalan Delima III, Perumnas Klender, Jakarta Timur, Ahad (17/4/2022).

Pengajian yang didukung Promag ini mengangkat tema “Menjadikan Ramadhan untuk Meningkatkan Keimanan dan Kreativitas Anak Muda”. Acara Obrolan Puasa ini diikuti ratusan jamaah yang terdiri dari orang tua dan anak-anak, serta dipandu oleh artis Eddies Adelia.

“Acara-acara begini adalah sebuah acara yang masya Allah. Artinya, mengisi waktu-waktu kosong baik siang atau pun malam orang bulan Ramadhan sibuk membuat acara yang isinya adalah faedah, isinya nilai-nilai positif, isinya adalah ajakan untuk memperbaiki diri sendiri dan orang lain,” ucap Alfie.

Untuk meraih Malam Lailatul Qadar, pendakwah asal Media ini pun mengajak kepada umat Islam untuk menjauhi mal. Apalagi, menurut dia, belum tentu semua orang bisa sampai kepada Hari Idul Fitri.

“Imbauannya jangan ramaikan mal, tapi ramaikan masjid. Jangan kepedean bakal ketemu Idul Fitri, karena bisa jadi umur kita gak nyampek,” kata dia.

Alfie menambahkan, Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam. Namun, tidak semua orang pantas untuk memenangkan bulan Ramadhan ini. “Pertanyannya, pantaskah diri ini memenangkan bulan Ramadhan ini? Kalau belum mari perbaiki diri sendiri, mari perbaiki setiap amal ibadah kita untuk mendapatkan malam itu dan mendapatkan apa-apa yang Allah ridhai dunia akhirat,” jelas Alfie.

Dalam acara yang sama, artis Eddies Adelia juga bersyukur tahun ini umat Islam bisa kembali menyemarakkan syiar Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang positif. Baginya, Ramadhan tahun ini merupakan Ramadhan yang penuh dengan suka cita.

“Tahun ini itu benar-benar ramadhan penuh suka cita buat saya dan juga untuk masyarakat Muslim Indonesia, karena tahun ini kita bisa sholat tarawih di masjid,” kata pemeran pocong Mumun dalam sinetron Jadi Pocong ini.

Selain itu, menurut dia, pada 10 hari terakhir Ramadhan ini umat Islam juga sudah bisa melaksanakan itikaf di masjid untuk meraih Malam Lailatul Qadar. 

“Jadi kita bisa mengisi Ramadhan dengan lebih maksimal lagi. Sudah pada bisa itikaf lagi di masjid, dan kita bisa lihat anak-anak bisa kembali ke masjid. Jadi senang, intinya tahun ini benar-benar Ramadhan yang buat saya itu Ramadhan yang penuh syukur,” jelas Eddies.

Dalam acara Obrolan Puasa ini, jamaah juga diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang disampaikan Alfie Alfandy. Usai acara, puluhan jamaah, khususnya yang lansia juga mendapatkan layanan kesehatan gratis dari stan Promag di depan masjid. Petugas memberikan konsultasi kesehatan bagi jamaah yang mengalami penyakit maag.