Intip Masjid Perahu di Tengah Ibu Kota

Rep: Surya Dinata/ Red: Fian Firatmaja

Senin 18 Apr 2022 15:24 WIB

Suasana Masjid Al Munada Darussalam Baiturrahman, Menteng Dalam , Jakarta, Senin (11/4/2022). Masjid yang lebih dikenal dengan sebutan masjid perahu ini di bangun pada tahun 1962. Bangunan perahu yang berada di masjid tersebut terinspirasi dari kisah Nabi Nuh yang membangun bahtera atau kapal besar untuk menyelamatkan umatnya.

Foto: Prayogi/Republika
Bentuk bangunan masjid perahu terinspirasi dari kisah Nabi Nuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masjid Al-Munada Darusalam Baiturahman atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Perahu memiliki daya tarik tersendiri khususnya dari segi bentuk bangunan. Masjid tersebut dibangun pada tahun 1962 oleh KH. Abdurrahman Massum yang merupakan seorang pelaut.

Terletak di jalan Menteng Pulo Raya posisinya memang cukup sulit ditemukan karena terhalang dua gedung yang berada di jalan Casablanca. Selain itu akses jalan menuju masjid tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor atau berjalan kaki.

Uniknya bangunan perahu yang berada dibagian luar masjid terinspirasi dari kisah Nabi Nuh yang membangun kapal besar untuk menyelamatkan umatnya. Di dalam masjid terdapat sebuah ruangan berisi Alquran berukuran 2x1 meter yang dikelilingi koleksi batu giok milik sang pendiri masjid.

Saat bulan suci ramadhan Masjid tersebut cukup ramai dikunjungi masyarakat yang ingin membaca Alquran maupun sholat berjaamaah. 

 

 

 

 

 

Videografer | Surya Dinata

Video Editor | Surya Dinata