Senin 18 Apr 2022 15:40 WIB

Ridwan Kamil Ingin Naikkan Bantuan Keuangan untuk Partai Politik

Kenaikan bantuan bagi partai politik dinilai perlu dilakukan jelang pemilu 2024

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mencairkan Bantuan Keuangan (Bankeu) senilai Rp55 miliar untuk partai-partai di Jawa Barat. Pencairan itu diberikan dengan bobot perhitungan Rp2.500 per suara.

Ridwan Kamil menilai, alokasi bantuan untuk Partai harus naik. Hal itu karena suksesi Pemilu 2024 di level nasional maupun daerah di depan mata.

Baca Juga

"Menurut saya menjelang 2024 anggaran buat partai politik terlalu sedikit. Nanti diobrolin aja di anggaran per suaranya. Kalau sekarang Rp 2.500 saya kira bisa dievaluasi," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil usai pencairan di Gedung Sate Kota Bandung Jawa Barat, Senin (18/4/2022).

Emil menggaransi kenaikan bantuan untuk partai ini karena kasus Covid-19 di Jawa Barat terus menunjukam penurunan. "Seiring dengan Covid-19 turun ekonomi naik pendapatan kita naik, kita naikan juga semua urusan, ya pasti didukunglah ya," katanya.

Emil mengatakan, aktivitas perekonomian masyarakat juga kembali aktif menandakan pemasukan daerah bertahap meningkat.

"Kalau PAD naik, yang dulu hilang Rp5 triliun balik lagi. Ditambah menjelang 2024 pastilah kebutuhan konsolidasi, kaderisasi ke daerah. Sehingga saran saya kalau pimpinan partai sepakat, kalau dinaikkan sudah sewajarnya," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement