Senin 18 Apr 2022 21:46 WIB

239 Peserta Ramaikan Musabaqah Tilawatil Quran Mokumoku

Peserta yang terbaik ini akan diikutkan ke MTQ tingkat provinsi hingga pusat.

MTQ (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
MTQ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOLUMOKU -- Sebanyak 239 peserta mengadu kemampuan dalam sembilan lomba yang digelar pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kelima tingkat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang berlangsung 18 sampai 21 April 2022. Wakil Bupati Mukomuko, Wasri, dalam sambutannya saat pembukaan MTQ kelima di Mukomuko, Senin (18/4/2022), mengatakan, MTQ merupakan agenda nasional yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Wakil Bupati Mukomuko Wasri mewakili Bupati Mukomuko Sapuan membuka MTQ kelima tingkat kabupaten di Masjid Agung yang berada dalam kompleks perkantoran pemerintah daerah setempat. 

Baca Juga

Wakil Bupati Mukomuko mengatakan, pemerintah setempat melaksanakan MTQ ini untuk menjaring peserta yang terbaik dari setiap cabang yang dilombakan. Kemudian peserta yang terbaik ini akan diikutkan ke MTQ tingkat provinsi hingga pusat.

Ia mengatakan, ajang MTQ ini selain untuk menjaring peserta terbaik dalam lomba ini, serta diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan peserta dan masyarakat pada umumnya kepada Allah SWT. Untuk itu, katanya, semua peserta harus semangat dan menampilkan kemampuan terbaiknya agar menjadi juara dan juara itu adalah bonus.

Kemudian Wabup mengimbau dewan juri untuk menjalankan tugasnya sebaik mungkin, karena dewan juri ini ditetapkandan dikukuhkan oleh bupati karena ada kepercayaan terhadap orang yang dipilihnya.

Dewan juri cabang-cabang yang dilombakan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Mukomuko, Nomor 100-171 Tahun 2022 tentang Dewan Hakim MTQ ke-V Tingkat Kabupaten Mukomuko. Sebanyak sembilan cabang yang dilombakan, yaitu, seni baca Al-Qur'an, Qira'at Al-Qur'an, Hafalan Al-Qur'an, Al-Hadits, Tafsir Al-Qur'an, Fahmil Al-Qur'an, Syahril Al-Qur'an, Seni Kaligrafi Al-Qur'an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement