Selasa 19 Apr 2022 05:51 WIB

Elon Musk Blak-blakan Sindir Mark Zuckerberg Soal Meta dan Facebook

Orang terkaya dunia, Elon Musk tiba-tiba menyerang bos Meta Facebook Mark Zuckerberg selama wawancara di konferensi TED di Vancouver.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
SpaceX owner and Tesla CEO Elon Musk reacts during a conversation with legendary game designer Todd Howard (not pictured) at the E3 gaming convention in Los Angeles, California,.U.S., June 13, 2019. (Reuters/Mike Blake)
SpaceX owner and Tesla CEO Elon Musk reacts during a conversation with legendary game designer Todd Howard (not pictured) at the E3 gaming convention in Los Angeles, California,.U.S., June 13, 2019. (Reuters/Mike Blake)

Orang terkaya dunia, Elon Musk tiba-tiba menyerang bos Meta Facebook Mark Zuckerberg selama wawancara di konferensi TED di Vancouver, British Columbia, Kamis kemarin.

Pewawancara, Chris Anderson, bertanya kepada Musk apakah statusnya sebagai orang terkaya dan salah satu influencer teratas platform dapat menimbulkan konflik kepentingan. Musk pun menggunakan kesempatan itu untuk menyerang Zuckerberg.

"Mengenai jenis kepemilikan media, maksud saya, Anda memiliki Mark Zuckerberg yang memiliki Facebook, Instagram dan WhatsApp. Dengan struktur kepemilikan sahamnya, itu akan membuat Mark Zuckerberg ke-14 masih mengendalikan entitas tersebut," kata Musk melansir Yahoo Finance di Jakarta, Senin (18/4/22).

Baca Juga: Elon Musk Bikin Pemegang Saham Tesla Naik Pitam: Setop Koar-Koar di Depan Publik!

"Seperti, secara harfiah, kami tidak akan memilikinya di Twitter," tambah Musk di tengah gelak tawa penonton.

Pernyataan Musk merujuk pada garis panjang keturunan Zuckerberg di masa depan yang disamakan seperti merujuk pada Raja Louis XIV yang memerintah Prancis selama lebih dari 72 tahun dan dikenal sebagai raja yang paling lama memerintah.

CEO Tesla ini juga merujuk pada kepemilikan sang pendiri Facebook yang memegang 55% saham voting perusahaan. Itu berarti Zuckerberg pada dasarnya memiliki hak veto penuh atas pemegang saham lain ketika menyangkut masa depan perusahaan. 

Perusahaan ini memiliki struktur saham kelas ganda yang memberikan Zuckerberg, manajer eksekutif terpilih, dan direktur dengan kekuatan supervoting karena salah satu saham mereka setara dengan 10 suara, sementara pemegang saham lainnya dibatasi satu suara per saham.

Sementara itu, Tesla tidak memiliki struktur pembagian kelas ganda, tetapi Musk masih memiliki pengaruh yang cukup besar. Dia adalah pemegang saham individu terbesar pembuat mobil listrik, dengan 17% saham dan Musk tidak memiliki tingkat kontrol perusahaan yang sama seperti Zuckerberg dengan Meta.

Tesla memang memiliki aturan pemungutan suara supermayoritas yang memerlukan persetujuan dua pertiga saham untuk meloloskan perubahan besar sehingga memberikan Musk tingkat hak veto.

Jika dia berhasil membeli Twitter, Musk mengatakan dia akan menyusun perusahaan dengan cara yang akan menghindari persepsi konflik kepentingan, termasuk membuat kode platform dapat diakses publik.

"Saya pribadi tidak akan berada di tweet pengeditan mereka." kata Musk. "Tapi, Anda akan tahu jika sesuatu telah dilakukan, untuk mempromosikan demo atau memengaruhi tweet."

Musk mengatakan tawarannya untuk membeli Twitter bukanlah cara untuk menghasilkan uang, melainkan upaya untuk melindungi kebebasan berbicara. 

CEO Tesla itu juga tampak membantah upaya moderasi penanganan Meta. Perusahaan media sosial itu menghadapi tekanan dari kedua belah pihak terkait penanganan misinformasi COVID-19 serta pengepungan Capitol. Musk tampaknya percaya pada kesalahan dengan mengizinkan penyebaran informasi selama itu legal di negara tempat platform itu beroperasi.

"Saya tidak mengatakan bahwa saya memiliki semua jawaban di sini, tetapi saya pikir kami ingin sangat enggan untuk menghapus sesuatu," kata Musk. "Dan berhati-hatilah dengan larangan permanen. Timeout, menurut saya, lebih baik daripada larangan permanen."

Musk dan Zuckerberg memiliki perseteruan yang sudah berlangsung lama. Pada 2016, Zuckerberg mengeluarkan pernyataan publik yang mengatakan bahwa dia sangat kecewa di SpaceX setelah salah satu roket perusahaan menghancurkan satelit Facebook. Musk juga mengkritik Facebook atas cara mereka menangani pengepungan di Capitol pada 6 Januari 2021.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement