Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image musyafa ahmad

Pesantren Ramadhan Pendidikan Alternatif Saat Liburan Madin

Agama | Tuesday, 19 Apr 2022, 08:07 WIB

Pesantren Ramadhan Pendidikan Alternatif Saat Liburan Madin

Pendidikan Keagamaan Isalm sangat berperan penting dalam pembentukan karakter dan akhlak. Kegiatan pendidikan tidak boleh berhenti, karena menjadi sarana strategis untuk menanamkan nilai nilai religius dalam kehidupan sehari hari. Kehadiran Pesantren Ramadhan di desa Jagalempeni menjadi sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut. Kegiatan yang sudah berjalan selama enam tahun berangkat dari keprihatinan minimnya generasi pesantren, sehingga diharapkan dengan kegiatan ini anak anak terdorong untuk melanjutkan pendidikan di Pesantren.Demikuan disampaikan Akhmad Sururi selaku inisiator Pesantren Ramadlan yanf dimulai sejak tahun 2016. Lebih lanjut ia menegaskan, Pesantren Ramadlan dimulai dg kegiatan di musholla dan masjid selama tiga hari. Peserta pesantren Ramadhan diajari tata cara beribadah mulai bersuci, sholat lima waktu dan sholat sunah rawatib. Melalui kegiatan ini diharapkan anak anak terbiasa mengerjakan sholat di masjid atau musholla. Hal ini menjadi pesan penting dalam agama Islam sebagaimana termaktub dalam hadis Nabi Muhammad SAW, yang artinya , perintahkan anak anak kaliaan sholat lima waktu saat memasuki usia tujuh tahun.

Membiasakan ibadah pada saat usia dini menjadi prioritas dalam pendidikan keagamaan. Disamping itu pendidikan akhlak dan budi pekerti dalam kehidupan sehari sehari juga menjadi bagian yang diterapkan dalam kegiatan pesantren Ramadhan. Melalui kegiatan ini ( pesantren ramadhan,red ) diharapkan orang tua semakin meningkatkan perhatian kepada anak anaknya terhadap pentingnya pendidikan dan pengalaman ajaran agama Islam.

Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan dalam bulan Ramadlan saat Madin dan TPQ libur bisa dijadikan sebagai pendidikan alternatif. Sehingga bulan ramadhan anak anak tidak banyak bermain tapi mengisi waktu dengan belajar ilmu agama Islam, pungkas alumni Pondok Pesantren Lirboyo.

Sementara itu Khoirul Anam selaku koordinator Pelaksana kegiatan menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Santri Lirboyo yg tergabung dalam His Gonjales ( Himpunan Santri Glonggong, Jagalempeni dan Sisalam ) merupakan bentuk khidmah santri kepada masyarakat. Khidmah dalam bentuk nasrul Ilmi merupakan amanat Kyai Sepuh Pendiri Pondok Pesantren Lirboyo Al Maghfurlah KH Abdul Karim atau Mbah Manap.

Kegiatan Pesantren Ramadhan nanti akan menginap selama kurang lebih 10 hari di lingkungan Masjid Jami Baiturrahim Jagalempeni Selatan. Selama 10 hari santri pesantren Ramadhan melaksanakan sholat jamaah lima waktu, sholat taraweh, sunah tahajud dan sholat sunah duha. Untuk materi pembelajaran meliputi, fiqih Ibadah, fiqih Kewanitaan, Tauhid dan Tadarus Quran.

Kegiatan Pesantren Ramadhan untuk yang nginep mulai hari Kamis tgl 22 April 2022. Acara pembukaan akan dilaksanakan pada sore hari yang diawali dg tahlil di malam Al Maghfurlah H. Umar selaku Wakif Masjid Jami Baiturohim Jagalempeni Selatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image