Selasa 19 Apr 2022 10:40 WIB

Laziswaf Pesantren Al Hilal Sarat Kegiatan Berbagi

Antara lain menyelenggarakan program wakaf sumur

Laziswaf Pesantren Al Hilal Sarat Kegiatan Berbagi
Foto: Lazizwaf Pesantren Al Hilal
Laziswaf Pesantren Al Hilal Sarat Kegiatan Berbagi

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Lazizwaf Pesantren Al Hilal melakukan berbagai kegiatan berbagi di bulan Ramadhan ini. Salah satunya adalah berbagi takjil minuman jeruk gratis di Rumah Tahfidz Al Hilal 5 dan 6. ''Insya Allah kegiatan Berbagi Takjil ini dilaksanakan selama Bulan Suci Ramadhan,'' tandas Direktur Laz Al Hilal, Iwan Setiawan dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa 19/4/2022. 

Lazizwaf Pesantren Al Hilal merupakan lembaga yang digunakan sebagai wadah untuk menampung donasi dari pihak-pihak dermawan yang disalurkan kepada santri yatim dan penghafal Alquran Pesantren Al Hilal. Pondok Pesantren Al Hilal kini memiliki tujuh cabang, yaitu di Rancapanggung, Cipadung, Sarijadi, Cirebon, Pasir Biru, Cisaranten dan Panyileukan. ''Saat ini Lazizwaf Pesantren Al Hilal telah menjadi sebuah lembaga resmi Amil Zakat Infak Sedekah dan Wakaf yang terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia, SK Kemenag Nomor 220 Tahun 2019,'' papar Iwan

Lazizwaf Pesantren Al Hilal menyelenggarakan berbagai program. Memasuki pekan kedua Bulan Ramadhan, program yang dibuat pun tetap dan akan senantiasa dilaksanakan hingga akhir Bulan Ramadhan ini. Antara lain  menyelenggarakan Program Wakaf Sumur demi terciptanya air bersih untuk para santri Pesantren di pelosok yang kesulitan air bersih. ''Peresmian Sumur Wakaf Al Hilal tersebut dihadiri langsung oleh Pengurus LAZISWAF Pesantren Al Hilal dan Pengurus Pondok Pesantren At Taufiq, yang berlokasi di Jalan Buniasih, Kampung Cinangsi RT 028/RW 004 Desa Rajadatu, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya. Hingga kini sebanyak delapan sumur wakaf Al Hilal telah diresmikan,'' kata Iwan.

Selain itu juga menyelenggarakan paket Barokah Buka Puasa untuk Santri Yatim dan Tahfidz di 7 Pondok Al Hilal. Program “Sepiring Cinta” pun hadir untuk memenuhi kebutuhan berbuka para santri. ''Hingga kini sebanyak 1.564 porsi berbuka telah disalurkan untuk para santri,'' ungkapnya. Juga berbagi makanan sahur dilaksanakan secara rutin selama Bulan Suci Ramadhan kepada para santri yatim yang tinggal di pondok pesantren dan para asatidz Pondok Pesantren Al Hilal. ''Insya Allah, sebanyak 65 porsi makanan sahur akan dibagikan setiap harinya. Dan hingga kini, sebanyak 390 porsi makanan sahur telah berhasil disalurkan,'' papar Iwan.

Salah satu motivasi yang dilakukan oleh Pengurus dan Asatidz Rumah Tahfidz Al Hilal 6 Cisaranten agar para penghafal Alquran senantiasa semangat belajar dan mengaji adalah memberikan apresiasi untuk mereka. ''Alhamdulillah telah diterima oleh 15 Santri dan Santriwati Penghafal Quran Rumah Tahfidz Al Hilal 6 Cisaranten. Dalam tiga bulan sekali kita akan lihat Santri/Santriwati yang rajin, akan selalu dikasih hadiah. Datanya dilihat dari absensi. Semoga jadi inspirasi Bagi yang lainnya,'' ungkap Isep Paozi, salah satu Pengurus.

Penyerahan santunan merupakan hal yang senantiasa dilaksanakan oleh Lazizwaf Pesantren Al Hilal. Menurut Asep, kali ini santunan diberikan kepada dua orang santri yatim Al Hilal 3 Gegerkalong. Yaitu Syafina Aqela Firlani dan Aulia Dwi Putri. Masing-masing santri per orang mendapatkan 300 ribu rupiah dan beras lima kilogram.

''Manfaat yang berhasil disalurkan dalam Program “Pekan Berbagi Ramadhan” merupakan salah satu hasil dari upaya Kawan Dermawan serta Sahabat Al Hilal yang telah bersedia mengulurkan tangan dengan menyisihkan sebagian hartanya.'' kata Asep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement