Selasa 19 Apr 2022 11:05 WIB

Muhammadiyah Sumut Luncurkan Program Penggalangan Dana Gedung Dakwah

Muhammadiyah Sumut Luncurkan Program Penggalangan Dana Gedung Dakwah

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Muhammadiyah Sumut Luncurkan Program Penggalangan Dana Gedung Dakwah  - Suara Muhammadiyah
Muhammadiyah Sumut Luncurkan Program Penggalangan Dana Gedung Dakwah  - Suara Muhammadiyah

Muhammadiyah Sumut Luncurkan Program Penggalangan Dana Gedung Dakwah

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Wilayah Sumatera Utara meluncurkan program penggalangan dana untuk pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara. Program penggalangan dana itu disampaikan bersamaan dengan pengajian PW Muhammadiyah Sumatera Utara di Kampus Utama UMSU, Jalan Muhtar Basri, (15-17/4).

Pimpinan Wilayah yang diwakili oleh Panitia Pembangunan, Ustad Irwan Syahputra, Wakil Sekretaris PWM Mutholib dan Bendahara PWM Sumut Agussani.

Hadir seluruh Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Aisyiyah, Pimpinan Wilayah Ortom, Pimpinan Majelis dan Lembaga tingkat Wilayah.

Ustadz Irwan Syaputra menjelaskan secara kronologis rencana pembangunan gedung dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara di Jalan SM Raja 136 Medan. Gedung yang sudah berusia 40 tahun itu dinilai sudah tidak represntatif selain karena usia juga disebabkan kualitas gedung yang mulai rapuh. Kemudian PW Muhammadiyah membentuk Pantia Pembangunan namun disebabkan beberapa hal, misalnya Covid19 yang melanda hampir 2 tahun, kegiatan panitia pembanunan pertama terhentu, PWM Muhammadiyah Sumut kemudian membentuk panitia pembangunan baru yang dipimpin oleh Ustad Irwan Syahputra.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung dakwah dilakukan unsur panitia beberapa waktu lalu, kemudian sebagian besar gedung lama diruntuhkan dan dilakukan pembangunan dengan struktur baru. Gedung Dakwah direncanakan bertahap. Tahap pertama gedung A, yakni lokasi gedung lama dengan konstruksi berlantai tiga dan gedung B, yakni lokasi belakang dengan konstruksi berlantai 6. . ” Diharapkan, bila dua bagian gedung ini selesai dapat menjadi simbol Muhammadiyah berkemajuan di Kota Medan,

Dijelaskan, Gedung A rencananya akan dibangun dengan anggaran sekitar Rp 10 Miliar, sedangkan gedung B dengan anggaran sekitar Rp 32 miliar. Gedung diperkirakan sudah akan selesai pada Desember 2022 mendatang baru kemudian dilanjutkan dengan pembangunan gedung B.

Dua bagian gedung ini akan menampung semua aktifitas persyarikatan Muhammadiyah, Aisyiyah, Ortom, Majelis dan Lembaga. Gedung juga dilengkapi dengan fasilitas masjid, pustaka, studio dakwah, kamar untuk penginapan.

Bendahara PW Muhammadiyah Sumut Agussani MAP mempresentasikan berbagai hal seputar rencana desaign dan rencana anggaran. Biaya pembangunan sekiutar Rp 40 miliar lebih diharapkan berasal dari usaha panitia pembangunan lewat kemitraan pemerintah dan swasta. Kemudian berasal dari potensi internal seperti dukungan amal usaha, dukungan warga Muhammadiyah melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah/Daerah Aisyiyah se-Sumatera Utara.

Panitia juga membuka DOMPET DONASI pembangunan yang hasilnya dipublis melalui media online milik PW Muhammadiyah Sumut : infomu.co . Melalui infomu.co akan dipublis berbagai kegiatan/progres pembangunan gedung dakwah termasuk nama dan besarnya donasi yang diberikan. Silahkan klik : infomu.co, Anda akan mendapatkan informasi seputar pembangunan gedung dakwah terbaru setiap harinya.

Bagi Anda yang ingin berdonasi untuk pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara dapat menyalurkannya melalui Bank Syariah Mandiri (BSI) pada rekening : 7108665747. (Syaifulh)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement