Selasa 19 Apr 2022 11:41 WIB

Ribuan Tentara Afsel Dikerahkan ke Provinsi yang Dilanda Banjir

Afsel mengumumkan keadaan bencana nasional karena banjir dan cuaca ekstrem

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Bendera Afrika Selatan. Afsel mengumumkan keadaan bencana nasional karena banjir dan cuaca ekstrem. Ilustrasi.
Foto: EPA
Bendera Afrika Selatan. Afsel mengumumkan keadaan bencana nasional karena banjir dan cuaca ekstrem. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, UMBUMBULU - Ribuan tentara Afrika Selatan (Afsel) akan membantu upaya pertolongan di provinsi KwaZulu-Natal, di mana lebih dari 440 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor dan puluhan lainnya hilang. Seminggu setelah hujan lebat mulai, Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan (SANDF) mengatakan pada Senin (18/4/2022) bahwa mereka telah diinstruksikan untuk mengaktifkan 10 ribu tentara untuk tugas-tugas termasuk pekerjaan pembersihan dan pengangkutan bantuan.

SANDF juga akan memberikan dukungan medis dan helikopter untuk misi penyelamatan dan pemantauan. Banjir telah menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal, memutus aliran listrik dan layanan air, serta mengganggu operasi di salah satu pelabuhan tersibuk di Afrika, Durban.

Baca Juga

Presiden Cyril Ramaphosa mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi bahwa kabinetnya telah mengumumkan keadaan bencana nasional karena banjir dan cuaca ekstrem di beberapa provinsi lain, yang akan memungkinkan tanggapan yang lebih efektif terhadap krisis. Dia mengatakan menteri keuangan akan mendekati parlemen atas pengeluaran tambahan, di luar 1 miliar rand (Rp 978 triliun) yang dia katakan segera tersedia.

Di luar kota Umbumbulu, sekitar 45 km barat daya Durban, seorang penggembala Mbukeni Khwelaikut membantu petugas polisi dan anjing pelacak untuk menjelajahi sungai mencari seorang tetangga yang hilang karena hanyut. "Kami telah menemukan putranya, tetapi kami belum menemukan tetangga tersebut," kata pengggembala berusia 59 tahun itu.

Menurut Ramaphosa, korban tewas terbaru dari banjir itu mencapai 443 jiwa dan 48 orang masih belum ditemukan. Polisi mengatakan mereka sedang berkabung atas tewasnya dua petugas dan seekor anjing pelacak dalam banjir itu, yang merupakan salah satu bencana terburuk dalam sejarah yang melanda provinsi pantai timur itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement