Rabu 20 Apr 2022 07:01 WIB

UEA Panggil Dubes Israel Atas Insiden di Masjid Al-Aqsa

Israel menyerang jamaah di Masjid Al Aqsa.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Pelecehan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa
Foto: middle east monitor
Pelecehan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa

REPUBLIKA.CO.ID,ABU DHABI — Menteri Negara untuk Kerjasama Internasional, Reem Bint Ibrahim Al Hashemy, memanggil Duta Besar Negara Israel untuk UEA, Amir Hayek. Panggilan tersebut terkait dengan serangan atas peristiwa yang terjadi di Yerusalem dan Masjid Al Aqsa.

Dilansir dari Gulf Today pada Rabu (20/4), Al Hashemy menekankan perlunya segera menghentikan serangan terhadap warga sipil dan penyerangan ke tempat-tempat suci yang mengakibatkan luka-luka sejumlah warga sipil.

Baca Juga

Al Hashemy juga menekankan pentingnya memberikan perlindungan penuh bagi jamaah yang tengah beribadah, serta menghormati hak warga Palestina untuk menjalankan ritual keagamaan mereka di bulan suci Ramadhan dan menghentikan segala praktik yang melanggar kesucian Masjid Al Aqsa.

Selain itu, dia menyatakan keprihatinan atas eskalasi ketegangan yang mengancam stabilitas dan keamanan di kawasan itu.

Lebih lanjut, dia menggarisbawahi perlunya menghormati peran penjagaan Kerajaan Hashemite Yordania atas tempat-tempat suci dan wakaf sesuai dengan hukum internasional dan situasi sejarah yang ada, dan tidak mengkompromikan otoritas Administrasi Wakaf Yerusalem dan Masjid Al Aqsa.

Al Hashemy menekankan perlunya menumbuhkan lingkungan yang sesuai yang akan memungkinkan kembalinya negosiasi serius yang bertujuan untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif dan pembentukan negara Palestina merdeka di perbatasan 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, sesuai dengan hukum internasional yang sah, resolusi dan Inisiatif Perdamaian Arab.

Sumber:

https://www.gulftoday.ae/news/2022/04/19/uae-summons-israeli-ambassador-to-protest-against-incidents-at-al-aqsa-mosque

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement