Tips Mudik Aman, Nyaman, dan tanpa Gangguan

Tips  
Tips mudik aman dan nyaman/ilustrasi (foto: republika.co.id).
Tips mudik aman dan nyaman/ilustrasi (foto: republika.co.id).

Umat Muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya yang juga sering disebut Lebaran ini identik dengan yang namanya mudik.

Mudik adalah kegiatan orang rantau untuk pulang ke kampung halamannya. Pemudik dapat memanfaatkan momentum ini untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga.

Sebelum melakukan mudik, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal agar mudik berlangsung aman dan nyaman. Berikut tips mudik aman dan nyaman, dikutip dari siaran resmi pegipegi.com, Rabu, 20 April 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Mencari informasi harga tiket

Sebelum memutuskan untuk mudik, sebaiknya mencari informasi harga tiket untuk pulang ke kampung halaman. Lakukan perbandingan harga tiket pada masing-masing transportasi seperti harga pesawat, harga bus, dan harga kereta.

Pesawat menjadi pilihan transportasi yang tepat bagi yang ingin mudik dengan praktis dan singkat. Namun, jika ingin menikmati perjalanan dengan santai dan lebih terjangkau, bisa menggunakan bus sebagai transportasi mudik.

- Menghitung biaya

Setelah mencari informasi terkait harga tiket, sebaiknya mulai menghitung budget yang dimiliki. Tujuan dari menghitung budget ini yaitu agar dapat mudik sesuai dengan kemampuan sehingga ke depannya tidak terbebani dengan biaya transportasi yang berlebihan.

Selain digunakan untuk membeli tiket perjalanan, budget untuk mudik tentunya akan digunakan untuk berbagi rezeki ketika di kampung halaman.

- Memesan tiket perjalanan

Setelah menghitung budget, dapat langsung membeli tiket perjalanan yang sesuai. Untuk keamanan dan kenyaman sebelum berangkat, sebaiknya memesan tiket perjalanan secara online.

Selain lebih aman, dengan membeli tiket secara online akan mendapatkan program khusus mudik yang menguntungkan. Pun membuat perjalanan lebih terencana.

- Jangan pakai perhiasan berlebihan

Pada saat mudik, tempat keberangkatan seperti bandara, terminal, dan stasiun pastinya akan sangat ramai.

Demi keamanan, diharapkan tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan dan mencolok. Hal ini dilakukan agar terhindar dari tindakan kriminal yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

- Persiapkan barang bawaan

Sebaiknya, tidak menyiapkan barang bawaan terlalu mepet. Mulai dari pakaian untuk Lebaran, perlengkapan kesehatan, kartu identitas, dan lainnya.

Jika ternyata durasi mudik berlangsung lama, sebaiknya menyiapkan bekal untuk berbuka puasa di tengah perjalanan. Jika memungkinkan, juga dapat membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

- Menjaga kesehatan

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan sesudah perjalanan. Apalagi jika perjalanan mudik lumayan jauh dan memakan waktu relatif lama. Cara terbaik menjaga kesehatan selama perjalanan adalah dengan tidur dan makan yang cukup.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image