Kamis 21 Apr 2022 20:04 WIB

Dishub Surakarta: 7,4 juta Kendaraan Lintasi Solo pada Mudik Lebaran

Peningkatan volume lalu lintas diperkirakan terjadi di beberapa titik jalan.

 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, Jawa Tengah memprediksikan sekitar 7,4 juta kendaraan melintasi Kota Solo selama periode mudik Lebaran 2022.  Tampak  kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol Semarang- Solo pada saat arus mudik Lebaran 1440 Hijriah tahun 2019 lalu.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, Jawa Tengah memprediksikan sekitar 7,4 juta kendaraan melintasi Kota Solo selama periode mudik Lebaran 2022. Tampak kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol Semarang- Solo pada saat arus mudik Lebaran 1440 Hijriah tahun 2019 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, Jawa Tengah memprediksikan sekitar 7,4 juta kendaraan melintasi Kota Solo selama periode mudik Lebaran 2022. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Ari Wibowo di Solo, Kamis (21/4/2022) mengatakan prediksi angka ini meningkat sebesar 102 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Ia mengatakan peningkatan volume jalan raya di Kota Solo tersebut diperkirakan akan terjadi di beberapa titik jalan, di antaranya exit tol Klodran, Tugu Makutha, Kleco, Joglo, Jongke, Jurug, dan jalan lingkar utara."Kemungkinan kendaraan pribadi yang akan mendominasi, terutama mobil dari luar kota," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan peningkatan tersebut terjadi salah satunya karena pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah usai dua tahun terakhir dilakukan penyekatan akibat pandemi Covid-19."Salah satu pertimbangannya karena adanya euforia masyarakat untuk melakukan mudik," katanya.

Faktor lain yang mempengaruhi, kata dia, adalah terjadinya penambahan jumlah penduduk dan jumlah kendaraan bermotor. Selain itu, juga perbaikan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah. Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di titik-titik padat kendaraan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan memaksimalkan pemantauan CCTV di 68 titik.

Selain itu, juga dilakukan pemasangan rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) portabel sebanyak 123 unit di batas kota."Targetnya paling tidak sebelum H-7 Lebaran RPPJ ini sudah terpasang di batas-batas Kota Solo," kata Ari Wibowo.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement