11 Istri Nabi Muhammad, Siapakah Mereka?

Tajug  
Kaligrafi Nabi Muhammad SAW. (Wikipedia)
Kaligrafi Nabi Muhammad SAW. (Wikipedia)

Siapakah Ibu-ibu Orang Percaya? Anda mungkin pernah mendengar ungkapan Ummahat al-Mumineen. Ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai 'Ibu dari Orang-Orang Percaya' dan ini adalah gelar yang mengacu pada istri-istri Nabi Muhammad SAW. Dikutip dari //aboutislam.net//, Jumat (24/4/2022), mereka adalah istrinya (Nabi Muhammad SAW) di dunia ini dan akan menjadi istrinya di akhirat.

1- Khadijah binti Khuwaylid (l.556 – d.619 M)

Maryam, putri Imran, adalah yang terbaik di antara wanita (dunia pada masanya) dan Khadijah adalah yang terbaik di antara wanita (bangsa ini). (Al-Bukhari)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Khadijah adalah istri pertama Nabi Muhammad, yang ditemuinya sebagai janda seorang saudagar kaya, tetapi menjadi makmur dengan caranya sendiri. Dia mempekerjakan Muhammad sebagai agen bisnis tetapi segera datang untuk melihatnya sebagai suami yang cocok.

Menurut sebagian besar sumber, dia berusia sekitar 40 tahun dan Muhammad berusia sekitar 25 tahun ketika mereka menikah.

Khadijah memberinya enam anak, termasuk dua putra yang meninggal saat masih bayi. Dia memberikan dukungan dan dorongan kepada Muhammad SAW ketika dia menerima wahyu pertamanya dan tetap setia kepadanya ketika banyak orang Mekah yang terkemuka mulai menentangnya. Selama dia hidup, Muhammad SAW tidak mengambil istri lain. Dia mencintai, merindukan dan mengingat Khadijah selama sisa hidupnya.

2- Sawdah binti Zam'a (b.unknown – d.674 CE)

Setelah menikah selama dua puluh lima tahun, istri pertama Nabi, Khadijah meninggal. Dia ditinggalkan sendirian untuk membesarkan keluarga kecil dan mendapati bahwa dia tidak dapat mencurahkan cukup waktu untuk menyeru orang-orang ke Islam sehingga dia memutuskan untuk menikah lagi. Ia memilih seorang janda bernama Sawdah binti Zam’a.

Sawdah dan suami pertamanya termasuk di antara orang-orang yang paling awal masuk Islam yang berimigrasi ke Abyssinia. Suaminya meninggal di pengasingan dan dia ditinggalkan sebagai janda miskin dengan anak-anak kecil.

Nabi Muhammad meminta persetujuan untuk pernikahan mereka dari orang tua non-Muslim Sawdah. Orang tua setuju dan kemudian mengarahkannya untuk meminta persetujuan dari Sawdah sendiri.

Dengan persatuan ini, rumah tangga Sawdah dan Nabi SAW menyatu dan Nabi memiliki lebih banyak waktu untuk menjalankan misi kenabian. Mereka menikah selama tiga tahun sebelum Nabi mengambil istri lagi.

Sawdah mendapat kehormatan besar menjadi seorang imigran demi Islam pada dua kesempatan, ke Abyssinia dan kemudian ke Medina. Dia adalah yang pertama dari sejumlah janda yang dinikahi Nabi. Sawdah memiliki reputasi sebagai wanita yang baik, dermawan dan periang.

3- Aisyah binti Abu Bakar (lahir 612 – meninggal 678 M)

Aisyah adalah putri Abu Bakar, salah satu sahabat dan pendukung terdekat Nabi Muhammad. Pertunangannya dengannya di usia muda memperkuat hubungan itu. Aisyah dibesarkan sebagai seorang Muslim sementara sebagian besar sahabat dekatnya adalah mualaf.

Setelah menikah dia dan Nabi SAW menjadi sangat dekat dan banyak hadits membuktikan fakta ini. Dia adalah istri tercinta dan seorang sarjana Islam yang sangat cerdas. Dia dikreditkan dengan menceritakan lebih dari 2.000 hadits dan menjadi terkenal karena kecerdasannya yang tajam, cinta belajar, dan penilaian yang sempurna.

Aisyah adalah salah satu dari hanya tiga istri Nabi Muhammad yang menghafal seluruh Quran. Di antara pencapaiannya yang menonjol adalah bahwa dia adalah satu-satunya istri yang bersama Nabi SAW ketika dia menerima wahyu dan di tangan Aisyah Nabi wafat.

Aisyah menjanda pada usia 18 atau 19 tahun dan mengajar dan memainkan peran penting dalam penyebaran Islam selama lebih dari 40 tahun.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image