Sabtu 23 Apr 2022 08:40 WIB

Tanda Kehilangan Banyak Darah Saat Menstruasi

Sebagian perempuan alami menstruasi berat, tetapi bisa juga menjadi tanda yang salah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Sebagian perempuan alami menstruasi berat, tetapi bisa juga menjadi tanda yang salah.
Foto: Freepik
Sebagian perempuan alami menstruasi berat, tetapi bisa juga menjadi tanda yang salah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang secara alami mengalami menstruasi yang berat. Jika pendarahan Anda menjadi terlalu banyak, itu bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah.

Dalam beberapa kasus, pendarahan yang berlebihan, juga disebut menoragia. Ini bisa menjadi tanda Anda memiliki kondisi serius seperti fibroid rahim, infeksi, atau endometriosis.

Baca Juga

Dilansir dari laman Insider, Sabtu (23/4/2022), ada beberapa tanda utama menstruasi Anda lebih berat dari biasanya dan Anda mungkin kehilangan sejumlah darah yang berbahaya.

1. Pendarahan terlalu banyak

"Ini adalah tanda menoragia jika Anda perlu menggandakan pembalut atau harus mengganti pembalut di tengah malam," ujar dokter kandungan di Rockville Gynecology, Astrid von Walter, MD.

2. Pendarahan terlalu cepat

Jika Anda merendam tampon atau pembalut dalam waktu kurang dari satu jam, selama beberapa jam berturut-turut, ini adalah tanda Anda mengalami pendarahan terlalu banyak. Anda harus mendapatkan perhatian medis sesegera mungkin.

3. Pendarahan terlalu lama

"Ini juga mengkhawatirkan jika Anda memiliki periode berat yang berlangsung lebih dari 7 hari," ujar von Walter.

4. Gumpalan darah besar

Dokter kandungan di Winnie Palmer Hospital, Christine Greves, MD mengatakan jika Anda mengeluarkan gumpalan berukuran seperempat atau lebih besar, ini merupakan indikator menoragia.

"Ini juga umum untuk mengalami kram bersama dengan pendarahan hebat, atau merasa lemah dan lelah," tambah von Walter.

Greves mengatakan Anda juga harus bertanya pada diri sendiri bagaimana menstruasi memengaruhi kualitas hidup Anda.

"Jika Anda harus mengubah aktivitas Anda dan lain-lain dan berputar-putar di sekitar menstruasi Anda karena terlalu berat, maka itu tidak normal," tambahnya.

 

Penyebab menoragia

Menoragia biasanya bukan kondisi yang dapat Anda tangani sendiri dan Anda harus menemui dokter untuk menentukan diagnosis dan rencana perawatan terbaik. Alasan Anda mengalami pendarahan menstruasi yang berlebihan diantaranya pertumbuhan di rahim Anda.

Pertumbuhan kanker dan non-kanker dapat memicu pendarahan ekstra. Beberapa kemungkinan jenis pertumbuhan meliputi fibroid, polip dan adenomyosis, suatu kondisi di mana jaringan ekstra tumbuh di dinding luar rahim.

Anda juga mungkin mengalami kanker serviks atau rahim, endometriosis, di mana jaringan rahim tumbuh di luar rahim atau saluran tuba. Selain itu, bisa juga karena ada masalah kehamilan. Masalah tertentu selama kehamilan dapat menyebabkan perdarahan, termasuk keguguran, kehamilan ektopik, suatu kondisi di mana sel telur yang telah dibuahi berimplantasi di luar rahim.

Kondisi lain adalah ketidakseimbangan hormon, ketidakteraturan dalam estrogen dan progesteron dan hormon seks Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan perdarahan yang lebih berat dari biasanya. Ini mungkin disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS), masalah tiroid, obat-obatan dan perangkat medis seperti alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), tembaga, obat pengencer darah seperti aspirin dan warfarin, DNA obat terapi sulih hormon.

Penyebab lainnya adalah infeksi. Memiliki infeksi, terutama infeksi menular seksual (IMS), dapat menyebabkan perdarahan berlebih seperti gonorea, klamidia dan trikomoniasis. Kondisi medis lainnya seperti penyakit tertentu dapat menyebabkan menoragia, termasuk penyakit Von Willebrand, kelainan darah yang membuat tubuh Anda lebih sulit membentuk gumpalan darah. Ada pula leukemia, sejenis kanker darah, penyakit ginjal dan penyakit hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement