Ahad 24 Apr 2022 20:42 WIB

Sungai Colorado Kian Terancam Gara-Gara Perubahan Iklim

Ketinggian air di Sungai Colorado mungkin turun 10 persen hingga 30 persen pada 2050.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Sungai Colorado.
Foto: Ars Technica
Sungai Colorado.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut analisis baru yang dirilis minggu ini, Sungai Colorado adalah sungai paling terancam di Amerika. Sungai tersebut memberikan air minum kepada puluhan juta orang di Amerika Serikat Barat.

Kota-kota besar seperti Phoenix dan Tucson, Arizona, dan Las Vegas, Nevada mendapatkan aliran sungai Colorado. Sungai juga mengairi jutaan hektar lahan pertanian di kawasan makanan utama sektor produksi.

Baca Juga

Menurut laporan American Rivers, Sungai San Pedro Arizona, Sungai Los Angeles California, dan Sungai Mississippi yang membentang di benua juga termasuk di antara 10 sungai paling terancam. Polusi pertanian, bendungan, dan penggunaan yang berlebihan merupakan ancaman bagi sungai.

Sungai Colorado adalah salah satu sungai utama di negara itu, dengan daerah aliran sungai yang membentang di tujuh negara bagian dari Wyoming hingga California dan berakhir di Delta Sungai Colorado di Teluk California, Meksiko.

Namun, sungai tersebut hampir tidak mencapai Teluk sejak pertengahan abad kedua puluh, dengan sebagian besar air mengalir di sepanjang rute. Para peneliti menemukan bahwa kapasitas sungai secara keseluruhan telah berkurang sebagai akibat dari dua dekade kondisi kekeringan yang mendatangkan malapetaka pada pasokan air.

Dilansir dari The Independent, tahun lalu, ketinggian air di Danau Powell, waduk yang dibentuk oleh Bendungan Glen Canyon di Sungai Colorado mencapai titik terendah sejak 1969. Menurut pemantau kekeringan pemerintah AS, hampir 99 persen dari Lembah Sungai Colorado diklasifikasikan sebagai "kering tidak normal" atau "kekeringan ekstrim" pada bulan ini.

Pola-pola itu kemungkinan akan memburuk ketika dunia semakin masuk ke dalam krisis iklim. Menurut analisis, ketinggian air di Sungai Colorado mungkin turun 10 persen hingga 30 persen pada tahun 2050.

Menurut sebuah penelitian berbeda yang diterbitkan pada tahun 2020, aliran sungai di sepanjang Sungai Colorado berkurang sekitar 9 persen untuk setiap derajat Celcius saat suhu naik. Hal ini sebagian dipicu oleh hilangnya lapisan salju yang memantulkan sinar matahari dan menjaga tanah agar tidak mengering. Penurunan aliran sungai tidak sepenuhnya diimbangi oleh peningkatan hujan.

Colorado River Compact, ditandatangani pada tahun 1922 oleh tujuh negara bagian yang tumpang tindih dengan daerah aliran sungai: California, Nevada, Arizona, Colorado, New Mexico, Utah, dan Wyoming, secara historis mengelola pasokan dan alokasi air sungai.

Kelangkaan air semakin menjadi masalah di beberapa negara bagian. Keadaan kekeringan diatasi pada tahun 2007 dengan serangkaian rekomendasi sementara, dan rencana darurat kekeringan baru telah disetujui pada tahun 2019.

Namun, rencana ini akan berakhir pada tahun 2026. Negara-negara bagian mungkin perlu menyepakati kerangka kerja baru sebelum itu, sebuah topik yang kemungkinan akan diperburuk lebih lanjut oleh ketegangan dan ketidakpastian krisis iklim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement